alexametrics

Yessy Melania, Sosok Mawar DPR Musikal di Senayan

tessa
Yessy Melania, Sosok Mawar DPR Musikal di Senayan
Yessy Melania (DPR).

Yessy Melania, perempuan muda kelahiran Nanga Pinoh, 16 Juni 1989, merupakan anak kandung dari Panji, S.Sos, yang dulunya menjabat sebagai Bupati di Kabupaten Melawi, Provinsi Kalimantan Barat.

Yessy Melania merupakan mahasiswa lulusan Sanata Dharma Yogyakarta Prodi S-1 Ekonomi yang lulus pada tahun 2011. Sebelum terjun ke dunia politisi, Yessy Melania pernah bekerja sebagai pegawai Bank di Kalimantan Barat. Pada 2017, Yessy Melania memilih jalur politisi dan langsung mendapat amanah sebagai wakil ketua DPD Nasdem Bidang Kesehatan.

Dikarenakan sudah mendapat pengalaman dalam dunia politisi, Yessy Melania akhirnya mencalonkan diri dalam Pemilu Legislatif pada 2019 dari Partai Nasdem. Yessy Melania berhasil memperoleh 63.817 suara Dapil Kalimantan Barat 2 (Sanggau, Sekadau, Melawi, Sintang dan Kapuas Hulu), yang mengantarkannya duduk dikursi Senayan sebagai anggota DPR-RI Komisi IV Periode 2019-2024.

Yessy Melania menjalankan tugas dibidang Pertanian, Lingkungan Hidup, Kehutanan, dan Kelautan. Sosok Yessy Melania dapat dikatakan seperti sosok Mawar di DPR Musikal, karena sama-sama merupakan sosok perempuan muda yang idealis bercita-cita untuk bisa memperbaiki Indonesia, terutama segi lingkungan hidup.

Kinerja Yessy Melania dianggap sangat membawa perubahan di Kalimantan Barat. Pasalnya, Yessy Melania terjun langsung ke lapangan untuk melihat perkembangan yang terjadi dalam suatu wilayah yang ada di Kalimantan Barat. Ia menengok bidang Pertanian, Lingkungan Hidup, dan Kehutanan serta Kelautan. Contoh kerja Yessy Melania seperti contohnya meninjau kinerja kelompok tani yang ada di Kalimantan Barat, peninjauan stok beras di gudang Bulog Kalimantan Barat, dan lain-lain.

Selain membahas permasalahan dalam sektor pertanian, Yessy Melania juga terjun langsung dalam melakukan sosialisasi kepada anak-anak muda yang sebagai penerus bangsa Indonesia.

Yessy Melania melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah, terutama Sekolah Menengah Atas. Sosialisasi ini bertujuan untuk mengajak anak muda untuk tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pasalnya, maju mundurnya suatu bangsa ada di tangan anak mudanya, bagaimana bangsa ini menciptakan kaum muda yang berkualitas dan berdaya saing. Yessy Melania juga sering menjadi narasumber dalam acara seminar bagi para mahasiswa yang ada di Kalimantan Barat untuk memberikan motivasi dan inspirasi kepada mahasiswa. Tujuan Yessy Melania melakukan hal itu juga sama, yaitu untuk mengingatkan agar selalu menjaga Bhineka Tunggal Ika dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Di sisi lain, Yessy Melania mengimbau bahwa kaum perempuan tidak boleh diremehkan dan punya derajat yang tinggi. Buktinya, banyak kaum perempuan yang menjadi pemimpin dalam suatu organisasi, baik daerah maupun dalam dunia politik.

Untuk diketahui, motivasi Yessy Melania menjadi anggota DPR-RI adalah membawa semangat restorasi kepada kaum perempuan khususnya di Kalimantan Barat. Pasalnya, perempuan adalah pondasi sebuah Negara yang harus cerdas dan berwawasan luas.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak