alexametrics

Yoursay Korean Academy: Mengulik Bahasa dan Budaya Korea dari Rumah

Hernawan
Yoursay Korean Academy: Mengulik Bahasa dan Budaya Korea dari Rumah
Yoursay Academy

Yoursay.id, platform berbasis kreator konten yang merupakan bagian dari PT Arkadia Digital Media, Tbk, menggelar acara Yoursay Korean Academy bertajuk “Yoursay Academy: Belajar Korea dari Rumah”. Serangkaian acara spesial ini mengajak para peserta mengenal lebih dalam pembelajaran bahasa maupun budaya Korea.

Tanpa dipungut biaya sepeser pun alias gratis, acara yang dikemas secara virtual selama 4 hari ini akan menghadirkan Koordinator Bahasa Korea dari Lembaga Bahasa Universitas Sanata Dharma, Frisca Ayu Desi Widyaningrum, sebagai pengajar. Berbekal pengetahuan yang dimiliki, akademisi ini akan menemani peserta memahami seluk beluk Korea di setiap sesinya.

Yoursay Korean Academy bakal dibagi menjadi empat pertemuan, dimulai pada Rabu, 21 Juli 2021, dengan topik ‘Pengenalan Hangeul Dasar’. Dengan durasi 90 menit, kelas tersebut dimulai pukul 15.00 WIB hingga 16.30 WIB, dipandu oleh Hiromi Kyuna sebagai host.

Frisca Ayu, dalam kelas hari pertama, memaparkan dasar-dasar hangeul, huruf Korea yang terdiri atas 34 huruf dasar, yang terbagi menjadi 10 vokal dasar dan 14 konsonan dasar. Pengetahuan soal hangeul dasar ini menjadi penting karena setiap bentuk hurufnya merepresentasikan berbagai macam karakteristik dari sistem pelafalan Korea.

Tidak berhenti pada pengenalan huruf hangeul saja, Yoursay Korean Academy juga menyiapkan kelas lain dengan topik berbeda-beda. Sehingga peserta tidak akan jenuh dan bisa memperkaya pengetahuannya soal Korea.

Yoursay Academy
Yoursay Academy

Di hari ke-2 yang akan dihelat pada Jumat 23 Juli 2021, Yoursay Korean Academy mengangkat topik ‘Ekspresi dan Kata Gaul’. Para peserta akan dibekali berbagai kata-kata populer di dalam bahasa Korea yang sering muncul di kehidupan sehari-hari masyarakat.

Sementara itu, pada hari ke-3 yakni Rabu 26 Juli 2021 bertajuk ‘Sapaan dan Gaya Bahasa’, para peserta Yoursay Korean Academy akan diajak menyelami seluk beluk bagaimana cara menyapa dalam bahasa Korea serta kiat menggunakan gaya bahasa dari Negeri Ginseng tersebut.

Pada pertemuan ke-4, para peserta akan diberi ruang untuk aktif melalui acara kuis berhadiah, sekaligus mengingat kembali materi kelas-kelas sebelumnya.
Acara pamungkas yang akan dilangsungkan pada Rabu 28 Juli 2021 dijamin bakal semakin seru. Sebab, Yoursay Korean Academy bakal menghadirkan langsung pembicara tamu dari Korea Selatan yakni An Eunchul.

Untuk membangkitkan semangat para peserta Yoursay Korean Academy, akan disediakan pula berbagai hadiah istimewa seperti album K-pop, tumbler bertema Korea, dan merchandise menarik lainnya.

Kendati acara Yoursay Korean Academy tak dikenai biaya sepeser pun alias gratis, seluruh peserta tetap akan diberi reward berupa modul pembelajaran dan sertifikat elektronik.

Chief Operating Officer PT Arkadia Digital Media, Tbk, Suwarjono, mengatakan Yoursay Academy merupakan bagian dari berbagai kegiatan oleh pengelola Yoursay.id untuk meningkatkan pengetahuan anggota maupun komunitas pecinta Korea. Harapannya, imbuh Suwarjono, para kreator konten di Yoursay mendapat manfaat dan bisa mengembangkan diri.

“Tentu tidak hanya belajar bahasa dan budaya Korea, namun juga berbagai aktivitas lain yang berkaitan dan mendukung peningkatan pengetahuan, kapasitas dan keterampilan. Sehingga kehadiran komunitas ini akan terus berkembang dan memberi manfaat,” kata Suwarjono, yang juga penanggung jawab Yoursay.id sekaligus Pemimpin Redaksi Suara.com

Suwarjono juga menjanjikan rangkaian program dan kelas-kelas menarik bagi publik, khususnya para kreator konten di Yoursay.id. Nantinya, kelas-kelas ini akan terus digelar sesuai dengan minat dan keinginan para kreator konten di Yoursay.id.

“Ke depan akan digelar juga kelas penulisan, kelas video, kelas tutorial make-up, kelas memasak, kelas untuk para pelaku UMKM, dan lain-lain, tentunya sesuai komunitas dan keinginan para anggota,” tutup Suwarjono.

Yoursay Daebak
Yoursay Daebak

Ketua Lembaga Bahasa Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Caecilia Tutyandari, Ph.D, mengatakan, suatu kebanggaan bagi lembaga mendapatkan kesempatan untu berbagi kepada masyarakat luas melalui program yang diselenggarakan oleh Yoursay Academy.

"Kami meyakini bahwa bahasa merupakan jendela dunia yang membuka kesempatan bagi kita semua untuk memperluas wawasan kita di berbagai aspek kehidupan. Kami berharap momen berbagi ini dapat menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan memberikan manfaat bagi banyak pihak," tutur Caecilia Tutyandari.

Caecilia Tutyandari juga berharap bentuk kerja sama ini dapat terjalin kembali ke depannya, baik dalam kegiatan serupa maupun dengan topik bahasa yang lain seperti bahasa Inggris, Jepang, atau Mandarin.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak