alexametrics

Sempat Jadi Kontroversi, Agensi BTS Akhirnya Klarifikasi Hak Cipta "Butter"

Shinta Ci
Sempat Jadi Kontroversi, Agensi BTS Akhirnya Klarifikasi Hak Cipta "Butter"
Butter BTS. [YouTube/BangtanTV]

Agensi BTS telah memberikan klarifikasi terkait masalah hak cipta “Butter.”

Sebelumnya, muncul di komunitas online bahwa bagian dari "Butter" memiliki melodi yang sama dengan bagian dari lagu Luca Debonaire "You Got Me Down" dari tahun 2020.

Luca Debonaire berbagi melalui media sosial bahwa ia membeli topline pada tahun 2019 dari Sebastian Garcia, yang juga dikreditkan sebagai komposer "Butter." Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang potensi masalah hak cipta dengan penulis lagu Sebastian Garcia memiliki topline yang sama yang digunakan dalam dua lagu terpisah.

Sebagai tanggapan, Big Hit Music merilis pernyataan berikut:

"Telah dikonfirmasi bahwa tidak ada masalah hak cipta terkait "Butter." Ini adalah lagu yang telah diselesaikan dan dirilis setelah menjalani proses konfirmasi dengan semua penulis lagu bahwa tidak ada masalah dengan lagu tersebut, dan juga tidak ada masalah saat ini mengenai hak lagu tersebut.

Namun, kami mengetahui klaim bahwa ada masalah terkait hak cipta, tetapi meskipun demikian, hak musik tetap menjadi milik “Butter.”

Dan sebelumnya pada 19 Juli waktu setempat, Billboard mengumumkan bahwa lagu baru BTS, "Permission to Dance," telah debut di No. 1 di Hot 100, peringkat mingguan terkenal Billboard untuk lagu-lagu paling populer di Amerika Serikat. “Permission to Dance” mengambil alih posisi No. 1 yang sebelumnya dipegang oleh “Butter” yang memegang posisi teratas selama tujuh minggu berturut-turut.

“Permission to Dance” adalah lagu kelima BTS yang mencapai No. 1 di Hot 100 (setelah “Dynamite,” “Savage Love (Laxed – Siren Beat)” dengan Jawsh 685 dan Jason Derulo, “Life Goes On,” dan “Butter". Butuh lebih dari 10 bulan bagi BTS untuk mencapai lima hit No. 1, yang merupakan waktu tercepat sejak Michael Jackson melakukannya dalam waktu sembilan bulan pada tahun 1987-1988.

Menurut Billboard, BTS adalah artis keempat dengan setidaknya empat debut No. 1 di Hot 100, setelah Ariana Grande (lima), Justin Bieber (empat), dan Drake (empat). BTS adalah grup kelima dalam sejarah Billboard yang telah menggantikan dirinya di puncak Hot 100 sejak terakhir kali Drake melakukannya pada tahun 2018.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak