alexametrics

Dampak Ekonomi Konser Offline Pertama BTS di Los Angeles Ditaksir Capai Rp 1,4 Triliun

Shinta Ci
Dampak Ekonomi Konser Offline Pertama BTS di Los Angeles Ditaksir Capai Rp 1,4 Triliun
Potret BTS. (Koreaboo)

Menurut laporan Billboard, empat konser BTS 'PERMISSION TO DANCE ON STAGE – LA' yang dimulai pada 27 November dan berakhir pada 2 Desember 2021, telah menghasilkan total $33,3 miliar (sekitar 483 miliar Rupiah).

Itu membuat stadium SoFi yang menjadi tempat konser BTS, memperoleh pendapatan kotor tertinggi sejak mulai dibuka kembali awal tahun ini.

Konser BTS di stadium SoFi juga mendapatkan prestasi baik Billboard Boxscore, skor didasarkan pada rangkuman semua pertunjukan yang dimainkan di satu tempat selama tur tertentu.

Konser BTS paling unggul dalam sejarah California dan terbesar kedua di Amerika Utara. Konser idol K-Pop itu hanya dikalahkan oleh Bruce Springsteen dengan 10 pertunjukan yang berlangsung pada 2003 di Stadion Giants New Jersey.

Tidak bisa dipungkiri memang jika BTS telah membuat sejarah dengan menjadi artis Asia pertama yang menghasilkan lebih dari $20 juta dolar, atau sekitar Rp 290 miliar dari konser.

Banyak bisnis juga berkembang pesat karena dampak dari konser offline BTS di Los Angeles. Termasuk di antaranya bisnis maskapai penerbangan, hotel, restoran, hingga toko-toko di Koreatown. Penonton konser BTS yang menurut perwakilan venue berasal dari 78 negara itu banyak berbelanja di California Selatan.

Gene Del Vecchio, seorang pengajar pemasaran hiburan di University Of Southern California, mengatakan bahwa dampak ekonomi dari rangkaian konser BTS di Los Angeles dapat dengan mudah melebihi $100 Juta atau Rp 1,4 triliun. Sebab, banyak penggemar datang dari jauh dan akan tinggal lebih lama untuk memaksimalkan waktu mereka di sana.

Salah satu anggota BTS, yaitu Jin dalam wawancara pernah merekomendasikan restoran Korean BBQ Ahgassi Gopchang, sehingga para penggemar mencoba untuk makan di restoran tersebut.

Berkat JIN BTS, penantian untuk masuk ke restoran Korean BBQ Ahgassi Gopchang telah berlangsung hingga 5 jam lamanya. Karena lonjakan pengunjung, pemilik restoran Michael Chon sampai harus memesan lebih banyak persediaan daging sapi, daging babi, mie, dan soju.

Di hotel Westdrift Manhattan Beach, manajer pemasaran Larry Jones mengatakan akhir pekan setelah Thanksgiving biasanya hotel akan sepi pengunjung. Namun, kamar hotel pada saat konser BTS hampir terjual habis karena setengahnya penuh dipesan oleh penggemar, ARMY.

Selamat kepada BTS atas kesuksesan konser terbaru mereka!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak