facebook

4 Program Unggulan Madrasah Diniyah Qarnul Islam Ledokombo Jember

Fathorrozi Ledokombo
4 Program Unggulan Madrasah Diniyah Qarnul Islam Ledokombo Jember
Siswa memimpin doa dan asmaul husna (DocPribadi/Fathorrozi)

Madrasah Diniyah Qarnul Islam terletak di dusun Pasar RT 003 RW 013, desa Ledokombo, kecamatan Ledokombo, kabupaten Jember, Jawa Timur. Sejak Agustus 2020, madrasah yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Islam Qarnul Islam ini sudah terdaftar dan mendapat surat izin operasional dari Kementerian Agama Kabupaten Jember. Sejak saat itu pula, Ustaz Fathorrozi selaku kepala madin mulai membuka pendaftaran santri/siswa baru. Sungguh di luar dugaan, sekali dibuka pendaftaran jumlah santri di Madrasah Diniyah Qarnul Islam sebanyak 90 orang. 

Di madrasah yang jadwal masuknya pukul 15.00 WIB ini terdapat tiga kelas, yaitu Ula, Wustha dan Ulya. Siswa Ula lebih mendominasi. Mayoritas siswa Ula diantar oleh ibu dan butuh didampingi, sebab usia mereka masih seusia siswa PAUD, TK dan SD kelas 4. Sedangkan seusia SD kelas 5 dan 6 ada di kelas Wustha. Sementara siswa SMP masuk ke kelas Ulya.

Madrasah diniyah yang lokasinya agak jauh dari jalan raya ini dirasa cukup aman. Para orang tua cukup pasrah menyekolahkan putra putrinya di madrasah ini. Pasalnya, belajar mereka akan fokus karena terhindar dari kebisingan kendaraan dan juga aman dari lalu lalang pengguna jalan.

Program unggulan di madrasah yang terdiri 15 pengajar ini telah banyak menyedot perhatian masyarakat setempat dan sekitar, sehingga banyak di antara mereka yang tertarik untuk menyekolahkan putra putrinya usai mengetahui program yang diunggulkan. Ngomong-ngomong, apa saja program unggulan Madrasah Diniyah Qarnul Islam Ledokombo? Berikut penjelasannya!

1. Seni Bela Diri

Bela diri sebagai ciri khas program ekstrakurikuler di Madrasah Diniyah Qarnul Islam. Bela diri ini biasa digelar setiap minggu, yaitu tepat pada hari Minggu pagi pukul 08.00 WIB. Pelatih seni bela diri ini berjumlah 7 orang dari kecamatan Sukowono, Kalisat dan Sumberjambe. Siswa sangat antusias saat mengikuti prorgam ini.

Orang tua mereka pun sangat mendukung atas berlangsungnya seni bela diri ini sebagai program ekstra yang diunggulkan. Para orang tua bangga, selain diajari kitab dan ilmu-ilmu agama, di Madrasah Diniyah Qarnul Islam juga diajari ilmu bela diri untuk membela diri dan keluarga ketika ada musuh yang tiba-tiba datang menyerang. 

2. Tahsinul Qira’ah

Tahsinul Qira’ah merupakan program unggulan Madin Qarnul Islam untuk memperbagus bacaan al-Qur’an santri. Setelah mereka diajari kaidah ilmu tajwid yang menjadi cabang ilmu dalam membaca al-Qur’an dengan baik dan benar, para santri kemudian diajari tahsinul qira’ah untuk memperbagus dan memperindah bacaan saat melantunkan al-Qur’an. 

3. Khatmil Qur’an 

Khatmil Qur’an yang artinya membaca al-Qur’an bersama-sama dalam satu majelis dan sekali hatam (selesai) sebanyak 30 juz dalam setiap pertemuan sudah istikamah diselenggarakan saban bulan, yaitu pada hari Jumat Legi. Beberapa tujuan yang tersirat dalam program yang satu ini, antara lain: upaya mengajarkan santri membaca al-Qur’an 1 juz selesai dalam sekali duduk, sebagai aktivitas mendekatkan diri kepada Allah, sebagai bentuk ikhtiar untuk mendapat pertolongan dan ampunanNya.

4. Mufradat Bahasa Arab 

Sebelum masuk ke kelas masing-masing, semua siswa Madin Qarnul Islam setiap hari setelah bel masuk, mereka lebih dulu diarahkan untuk berkumpul di halaman madrasah, setiap hari. Di halaman itu, para siswa dibimbing oleh Ustazah Fatna Harista untuk pengucapan mufradat bahasa Arab beserta artinya. Biasanya lima mufradat setiap harinya.

Metode yang diterapkan dalam program ini adalah menggunakan metode pengulangan ucapan, artinya ustazah dulu yang mengucapkan, lalu diikuti oleh para siswa. Keesokan harinya, lima mufradat ditambahkan lagi dengan sekali-kali mengulangi mufradat yang telah disampaikan kemarin. Dengan seperti ini, para siswa banyak ingat dan tidak mudah lupa terhadap mufradat yang telah disampaikan.

Setelah selesai pembiasaan mufradat bahasa Arab, dua siswa sebagai perwakilan kelas memimpin doa sebelum belajar dan dilanjut pembacaan asmaul husna. Kemudian setelah itu, mereka masuk dengan tertib ke kelas masing-masing dengan melepas sandal dan menatanya dengan rapi sebelum masuk ke kelas. 

Inilah 4 program unggulan yang dimiliki oleh Madrasah Diniyah Qarnul Islam Ledokombo. Jika ingin mengetahui lebih lanjut, silahkan berkunjung ke Madrasah Qarnul Islam pada jam masuk madrasah, yaitu Senin sampai Minggu alias setiap hari.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak