alexametrics

Sosialisasi Manfaat Web Blog bagi Himpunan Remaja Masjid Jami At-Taqwa

hafid nurrahman
Sosialisasi Manfaat Web Blog bagi Himpunan Remaja Masjid Jami At-Taqwa
Peserta sedang melakukan latihan menggunakan Web Blog Masjid (DocPribadi/hafidsimulasi)

Dalam kegiatan pengabdian masyarakat, Mahasiswa Mercubuana menyelaraskan visi dari Yayasan Masjid Jami At-Taqwa. Visi tersebut adalah melakukan improvement yang berkelanjutan. Dalam hal ini, Remaja Masjid Jami At-Taqwa diajak untuk memahami optimasi penggunaan media digital berupa Web Blog untuk kegiatan keseharian masjid. 

Seperti  yang  disampaikan oleh Pelaksana Pengabdian Masyarakat yaitu Hafidh Nurrahman bahwa kegiatan ini menuntut remaja masjid untuk lebih adaptif menggunakan teknologi, terkhusus di era pandemi.

"Ini agar manfaat Web Blog Masjid bisa dirasakan bukan hanya oleh pengurus masjid, tetapi juga untuk masyarakat sekitar wilayah masjid. Diharapkan dengan adanya Web Blog, jadi ada sarana inovasi yang menarik bagi pengelola masjid, agar masyarakat sekitar bisa selalu up to date dengan info-info dari Masjid," katanya.

Kegiatan sosialisasi pembuatan web blog ini sangat bermanfaat bagi Himpunan Pemuda Masjid Jami At-Taqwa. Banyak dari mereka yang belum mengetahui efektivitas dari web blog terhadap kegiatan operasional masjid.

Antusiasme Himpunan Pemuda Masjid Jami At-Taqwa dalam sosialisasi ini pun sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari beberapa anggotanya yang sudah mencoba web blog masjid tersebut dan mengevaluasinya melalui kuesioner. Dari kegiatan ini, dapat disimpulkan:

  • Secara keseluruhan, peserta pelatihan didominasi oleh remaja dari Himpunan Pemuda Masjid Jami At-Taqwa yang menginginkan mengikuti sosialisasi agar menambahkan wawasan mereka dalam era digital.
  • Secara keseluruhan peserta menyatakan bahwa penjelasan yang diberikan cukup mudah dimengerti oleh jajaran kepengurusan masjid atau yang disebut Himpunan Pemuda Masjid Jami At-Taqwa.
  • Kegiatan ini membantu pengurus masjid dalam kegiatan operasional Masjid Jami At-Taqwa secara rinci dan modern.
  • Kegiatan ini membantu umat muslim dengan mudah mengetahui informasi dari setiap bagian kepengurusan masjid serta kegiatan rutin di Masjid Jami At-Taqwa.

Hasil dari kegiatan yang diperoleh menyatakan bahwa seluruh peserta berpendapat pengabdian masyarakat ini sangat bagus, bermanfaat, dan baik untuk diaplikasikan untuk kegiatan keseharian Masjid.

Tidak lupa sebagai apresiasi telah dibagikan plakat dan doorprize untuk kenang-kenangan kepada 2 peserta terpilih yang mengikuti kegiatan pengabdian masyarakat ini, untuk tanda ucapan terima kasih. Kemudian seluruh peserta juga mendapatkan modul tutorial materi pengelolaan Web Blog Masjid.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak