Kelas Public Speaking Yoursay Hari Kedua: Lebih Seru dan Menantang!

aozora dee
Kelas Public Speaking Yoursay Hari Kedua: Lebih Seru dan Menantang!
Foto Kelas Public Speaking Brave Yourself to Speak in Public [Doc/Yoursay/Aozoradee]

Yoursay.id rajin menyelenggarakan acara seru dan bermanfaat bagi anggota di platform maupun komunitasnya. Entah sudah berapa kali platform dari Suara.com ini mengelar banyak acara. Yang terbaru adalah Brave Yourself to Speak in Public.  

Acara yang mengambil tema Public Speaking Class yang berlangsung via Zoom ini dihelat selama dua hari berturut-turut, Rabu dan Kamis (21-22/9/2022).

Dalam acara yang dimulai pukul 15.00 WIB ini, Yoursay.id menggandeng mentor ternama. Adalah Irmalia Septiana, seorang MC ternama yang sudah wara-wiri sejak lama di dunia public speaking dan seorang mentor di Speak Project. Apa saja keseruan acara Yoursay.id Public Speaking Class: Brave Yourself to Speak in Public ini?

Brave Yourself to Speak in Public Day 1

Acara hari pertama berjalan dengan sukses. Ini terlihat dari jumlah peserta yang berpartisipasi dalam event. Total 87 orang peserta yang turut hadir, tampak antusias dengan materi yang dipaparkan oleh mentor. Materi yang disampaikan Irma sebenarnya serius, tapi karena disampaikan dengan gaya yang santai dan akrab, suasana jadi tidak terasa kaku. Sebagai awal, Irma memaparkan alasan mengapa kita harus menguasai skill berbicara di depan umum.

Public speaking itu penting banget. Di era sekarang ini, belajar public speaking sangat penting untuk persiapan menghadapi masa-masa mendatang,” ungkap Irma di awal acara.

Selain menegaskan mengenai manfaat mempelajari public speaking, Irma juga menjelaskan dasar dalam public speaking, perbedaan MC dan moderator, dan tips agar lebih percaya diri ketika memandu acara. Acara ini ditutup dengan segmen tanya jawab dan challenge dari Irma berupa tantangan menjadi MC. 

Brave Yourself to Speak in Public Day 2

Jika acara hari pertama diisi dengan pengenalan public speaking, lengkap dengan cara menjadi MC yang benar, acara hari kedua lebih bersifat praktik serta banyak membahas persoalan hambatan dalam public speaking.

Di sesi tanya jawab, kolom chat Zoom langsung dibanjiri komentar dari para peserta yang mengungkapkan hambatan mereka dalam berbicara di depan publik. Ada yang menjawab karena kurang percaya diri, grogi, tidak menguasai materi, tidak suka jadi pusat perhatian, dan lain-lain.

Satu per satu permasalahan yang menghambat public speaking dikupas oleh Irma. Tak lupa, ia mendorong peserta untuk tidak takut mencoba dan terus mengasah kemampuan berbicara di depan publik. Di dalam segmen ini Irma banyak membagikan kutipan khasnya agar peserta lebih termotivasi.

Challenge di acara hari ini terasa lebih menantang. Pasalnya peserta diberikan tantangan untuk membicarakan satu tema secara impromptu. Ternyata banyak peserta yang tertarik challenge ini. Namun, karena waktu terbatas, tidak semua peserta kebagian.

Jadi, apa public speaking itu penting? Seperti kata Irma, itu adalah hal yang sangat penting di era global seperti ini. Public speaking bukan hanya sekadar seni, tapi skill yang membawa banyak manfaat, seperti mendapat networking, memperluas wawasan, memberikan pengaruh kepada orang lain, dan memahami karakter orang lain.

Irma menutup dengan merekomendasikan Speak Project, untuk wadah belajar public speaking. "Yuk belajar public speaking, menambah skill, biar bicara makin pede," tutupnya.

Untuk teman-teman yang ketinggalan acara kali ini, bisa menyaksikan siaran ulangnya di YouTube Suaradotcom.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak