alexametrics

Pantai Pandawa dan Kisah Mahabharata di Pulau Bali Selatan

Yudi
Pantai Pandawa dan Kisah Mahabharata di Pulau Bali Selatan
Pantai Pandawa, Bali. (Dok. Pribadi/Yudi Rahmatullah)

Dengan dibangunnya patung replika Garuda Wisnu Kencana (GWK) pada awal bulan Juli 2021, bertambah pula koleksi patung yang ada di Pantai Pandawa, Bali. Patung pasir yang dibuat oleh Himpunan Seniman Pecatu ini sebagai bentuk perayaan HUT BNI 46 yang ke-75.

Sebelumnya, di pantai ini juga sudah terdapat patung-patung Pandawa yang mempresentasikan nama Pantai Pandawa dan kisah Mahabarata itu sendiri. Seperti apa lingkungan dan keindahan alam Pantai Pandawa? Berikut hal-hal menarik tentang pantai ini.

Bentang Alam Bali Selatan yang Cantik

Ketika memasuki gerbang masuk Pantai Pandawa, saya sudah terkesima dengan jalan raya yang membelah sebuah bukit kapur yang besar. Sambil mengendarai motor, saya seperti diapit oleh bukit-bukit kapur di kanan dan kiri saya. 

Karena, jalur masuknya yang di mulai dari atas perbukitan, saya jadi bisa melihat keindahan alam Pulau Bali bagian selatan yang luar biasa. Warna air laut yang bergradasi, birunya langit, dan hijaunya perbukitan terlihat sangat jelas dari ketinggian.

Malah, banyak wisatawan yang tidak langsung menuju Pantai Pandawa, mereka terlihat asyik menikmati pemandangan dengan cara berfoto dan berjalan-jalan di area bagian atas pantai.

Mengingat kembali Kisah Mahabharata

Terus menuju pantai, di bukit-bukitnya dibangun goa-goa yang lobangnya tidak terlalu dalam. Di dalamnya diisi dengan patung Para Pandawa yang berukuran besar. Pandawa ini merupakan tokoh yang diceritakan dalam kisah Mahabharata. Mereka adalah Yudistira, Bima, Arjuna, Nakula dan Sadewa.

Secara singkat, kisah Mahabharata menceritakan konflik para Pandawa dengan saudara sepupu mereka, yaitu Kurawa, mengenai sengketa hak pemerintahan Hastinapura.

Cerita Mahabharata ini juga mengandung nilai-nilai Hindu. Oleh sebab itu, kisah yang dianggap suci oleh pemeluk agama Hindu ini, telah disalin ke dalam berbagai bahasa dari bahasa aslinya, yaitu bahasa Sanskerta.

Aktivitas di Pantai Pandawa

Saya pribadi, hanya dengan duduk-duduk dan berjalan-jalan di pantainya saja sudah cukup merasa puas. Tidak ada keinginan untuk mencari aktivitas lain untuk lebih menikmati keindahan Pantai Pandawa. 

Tapi, bagi kamu yang ingin lebih mengeksplorasi pantai ini, bisa melakukan beberapa watersports, seperti surfing, canoeing, atau hanya bermain-main ombak saja. Kamu juga bisa menikmati pemandangan area pantai dari ketinggian dengan cara melakukan paralayang. 

Lokasi dan Tiket Masuk
Pantai Pandawa ini termasuk ke dalam tempat wisata di Pulau Bali bagian selatan. Lokasi tepatnya berada di Jalan Pantai Pandawa, Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali 80361. Setahu saya, tidak ada transportasi umum untuk menuju pantai ini, dan memang lebih nyaman jika kita menyewa mobil maupun motor.

Tiket masuk ke pantai ini sangat terjangkau, untuk wisatawan domestik anak-anak dan dewasa saja hanya Rp4.000 dan Rp8.000. Sedangkan, wisatawan mancanegara  Rp10.000 untuk anak-anak dan Rp15.000 untuk dewasa. Tiket parkir kendaraan berkisar Rp2.000 - Rp10.000.

Nah, itulah beberapa hal menarik dari Pantai Pandawa. Dengan mengunjungi salah satu pantai di Bali bagian selatan ini, kita tidak hanya berwisata dan menikmati keindahan alamnya saja, tapi juga jadi belajar lagi tentang kisah Mahabharata.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak