alexametrics

4 Kuliner MaknyusKhas Brebes selain Telur Asin

ari pirani
4 Kuliner MaknyusKhas Brebes selain Telur Asin
Ilustrasi sate sebagai makanan khas Indonesia. (pexels/Caleb Oquendo)

Selain mengunjungi tempat wisata di suatu daerah baik alam terbuka maupun tertutup biasanya orang- orang yang sedang travelling akan mencoba makanan atau minuman khas di daerah tersebut mulai dari makanan ringan sampai hidangan yang berat. Baik dimakan langsung di tempatnya atau dibawa pulang sebagai oleh-oleh. 

Di Brebes sendiri terdapat berbagai macam kuliner yang tidak ditemukan di kota-kota lain sebagaimana daerah lainnya yang memiliki ciri khas tersendiri. Salah satu makanan Brebes yang umum diketahui banyak orang ialah telur asin yang menjadi ikon dan mengharumkan nama kota Brebes selain bawang merah.

Namun sebenarnya masih banyak sajian enak khas Brebes yang menyenangkan lidah dan mengenyangkan perut. Berikut berbagai macam makanan nikmat yang perlu dicoba ketika berkunjung ke kota telur asin ini:

1. Sate Blengong dan Kupat Ngglabed

Teman-teman pasti sudah biasa melihat sate namun sate yang satu ini berasal dari daging Blengong atau hewan unggas sejenis Bebek. Rasa dagingnya memang mirip bebek tetapi agak alot alias keras dan tusuk satenya lebih panjang daripada kebanyakan sate lainnya. Bumbunya akan terasa sedikit manis dan pedas jadi lebih nikmat jika menyantapnya dengan Kupat Glabed atau Kupat Sayur. Makanan ini mudah sekali ditemukan di alun-alun Brebes dan beberapa di pinggir jalan di daerah Brebes.

2. Sega adep-adep

Sega merupakan bahasa Jawa ngapak yang dalam bahasa Indonesia berarti nasi. Makanan ini terdiri dari nasi putih biasa dan berbagai macam lauknya yakni Urab atau Rumbah, semacam tumis yang berisi kangung, kol, kecipir, dan parutan kelapa. Kemudian dilengkapi dengan ayam, tempe, tahu, sambal, dan ditambah dengan lalapan seperti kacang, terong, jengkol, dan mentimun.

Sega Adep-adep ini termasuk makanan spesial karena biasanya hanya dibuat di acara-acara penting (hajatan) seperti nikahan, sunatan, syukuran kelahiran anak (selametan), dan acara penting lainnya.  Namun kini sudah banyak yang menjualnya sehingga bisa dinikmati kapan saja tanpa harus menunggu adanya hajatan.

3. Rujak

Teman-teman pasti sudah tidak asing dengan makanan yang satu ini tapi rujak orang Brebes berbeda dengan rujak pada umumnya yang berisi buah-buahan. Sebenarnya ada juga rujak buah tetapi yang khas ialah rujak yang berisi sayur-sayuran yang dilengkapi dengan bumbu kacang  tetapi rasanya bukan asam manis seperti rujak biasa namun bumbu rujak ini berasa asin pedas.

Rujak yang berisi kangkung, kecambah, dan kol biasa disebut dengan rujak kangkung. Ada juga rujak ulek yang berisi terong, pisang mentah, dan mentimun. Cara menyajikannya mirip dengan membuat rujak buah hanya saja untuk rujak kangkung, sayurnya harus direbus terlebih dahulu.

4. Nasi lengko

Nasi yang dilengkapi dengan lauknya yakni campuran tempe, tahu, dan mentimun  yang dipotong dadu juga kecambah. Kemudian ditambah dengan kecap atau sambal kecap. Sangat nikmat rasanya. Terlebih jika ditambah dengan bawang goreng. Sajian yang satu ini juga tidak kalah tenar dengan beberapa sajian yang sudah disebutkan sebelumnya.

Jadi, teman–teman traveller jangan lupa untuk mencicipi sajian khas tersebut, kuliner bagian tanah air kita ketika mampir di kota Brebes. Soal harga tidak perlu khawatir karena sajian di atas sangat bersahabat dan terjangkau harganya sehingga tidak membuat kantong kering.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak