alexametrics

5 Macam Sambal yang Populer di Indonesia

Desyta Rina Marta Guritno
5 Macam Sambal yang Populer di Indonesia
Ilustrasi Sambal Khas Indonesia. (Freepik)

Orang Indonesia pada umumnya tidak pernah meninggalkan lauk ini dalam menu sehari-hari mereka, sambal adalah salah satu menu wajib. Ada banyak jenis sambal di Indonesia dan berikut ini adalah yang populer:

1. Sambal bawang

Sambal yang satu ini populer di hampir seluruh wilayah Indonesia, bahan dan cara pembuatannya pun tergolong paling mudah. Sambal bawang mentahan hanya memerlukan bahan berupa bawang putih, garam, dan cabai rawit merah, dapat pula ditambahkan tomat agar tekstur sambal tidak kering.

Setelah diuleg bersamaan, akan lebih nikmat jika ditambah dengan minyak panas bekas menggoreng. Sambal ini cocok dimakan dengan lauk berupa gorengan atau sayur bayam.

2. Sambal terasi

Berbeda dengan sambal bawang yang bahan-bahannya mentahan, sambal terasi ini seluruh bahannya mesti digoreng terlebih dahulu. Bahan-bahan untuk membuat sambal terasi diantaranya adalah bawang merah, bawang putih, cabai rawit merah, tomat, dan terasi. Semua bahan tersebut digoreng setelah itu langsung diulek bersama garam saat masih panas agar terasa lebih nikmat.

3. Sambal tomat

Bahan-bahan untuk membuat sambal tomat tidak jauh beda dengan sambal terasi, sesuai dengan namanya sambal tomat ini memiliki komposisi tomat yang lebih banyak dan tidak memakai terasi. Biasanya sambal ini diulek mentah terlebih dahulu baru kemudian digongso dengan api yang sangat kecil sampai sambalnya matang.

4. Sambal matah

Sambal ini berasal dari pulau dewata Bali, matah memiliki arti mentah. Sesuai dengan namanya sambal ini tidak dimasak melainkan hanya dirajang dan disiram dengan minyak kelapa panas. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sambal matah diantaranya adalah minyak kelapa, jeruk limau, sere, garam, terasi, cabai rawit merah, bawang putih, dan bawang merah. Sambal ini akan lebih  nikmat jika dibuat untuk sekali makan.

5. Sambal dabu-dabu

Sambal dabu-dabu berasal dari Manado, bentuk dan cara membuatnya hampir sama dengan sambal matah namun sambal dabu-dabu ini lebih segar karena mengandung banyak air. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal ini diantaranya adalah air, minyak, garam dan gula, kemangi, jeruk nipis, tomat, bawang merah dan bawang putih, cabai rawit merah. Semua bahan tersebut dirajang kemudian di masukkan ke dalam wadah dan diberi perasan air jeruk nipis, setelah didiamkan beberapa saat tuangkan minyak panas pada sambal dan sambal pun siap dihidangkan.

Itulah 5 macam jenis sambal yang populer di Indonesia, mungkin dapat menjadi referensi menu olahan anda jika bosan dengan sambal itu-itu saja.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak