alexametrics

5 Makanan Pokok Orang Indonesia

Desyta Rina Marta Guritno
5 Makanan Pokok Orang Indonesia
Ilustrasi Makanan Indonesia. (Pixabay//zapaceh6350)

Masyarakat Indonesia memiliki banyak macam makanan pokok, meskipun saat ini nasi yang paling umum namun sejatinya orang-orang zaman dahulu memiliki kebiasaan mengonsumsi selain nasi sebagai makanan pokoknya. Berikut ini adalah macam-macamnya:

1. Sagu

Mengutip dari laman Wikipedia, sagu adalah tepung atau olahan yang terbuat dari batang rumbia atau pohon sagu. Sagu merupakan makanan pokok untuk sebagian masyarakat Indonesia, pada umumnya daerah Maluku dan Papua .

Tepung satu ini memiliki tekstur yang mirip dengan tepung tapioka, sehingga kedua bahan ini kerap dijadikan gentian, jika tidak ada tepung sagu karena sulit ditemukan maka dapat digantikan dengan tepung tapioka. kandungan gizi yang terdapat pada sagu adalah karbohidrat, protein, serat, asam askorbat.

2. Ketela pohon

Makanan satu ini masih sering dijadikan makanan pokok sehari-hari terutama di daerah pedesaan, orang-orang jaman dulu menanam ketela pohon ini di kebun miliknya sendiri dan dikonsumsi setiap hari. Selain ketelanya yang dijadikan sumber karbohidrat pengganti nasi, daunnya juga dimasak untuk dijadikan lauk.

3. Nasi jagung

Nasi jagung adalah makanan pokok yang populer di Indonesia terutama wilayah Jawa pada zaman dahulu. Masyarakat mengkonsumsi nasi jagung sebagai pengganti nasi beras yang pada saat itu mahal harganya. Nasi jagung cocok dinikmati dengan sambal dan ikan asin, namun teksturnya yang sedikit kasar membuat sebagian orang tidak menyukai nasi jagung. Nasi jagung megandung banyak gizi, diantaranya vitamin, mineral, serat, dan magnesium.

4. Ubi jalar

Ubi jalar atau sweetpotato atau tela rambat ini juga dijadikan salah satu makanan pokok di Indonesia. Seperti ketela pohon, daun ubi jalar ini juga dapat diolah sebagai sayur. Ubi jalar mengadung banyak nutrisi, diantaranya vitamin, mineral, antioksidan, dan serat.

5. Nasi

Nasi adalah olahan yang terbuat dari beras, makanan satu ini adalah makanan pokok utama bagi masyarakat Indonesia karena pada dasarnya negara Indonesia juga merupakan negara agraris.  Selain nasi putih yang biasa kita konsumsi sehari-hari, ada beberapa macam nasi seperti nasi merah, nasi basmati, atau nasi hitam. Nasi cocok dinikmati dengan menu apapun, berbagai olahan nasi juga populer di Indonesia seperti nasi uduk dan nasi kuning.

Itulah kelima makanan pokok orang Indonesia, meskipun nasi yang paling populer namun saat ini masih ada yang mengonsumsi ubi, ketela, atau sagu sebagai sumber karbohidrat atau makanan pokoknya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak