alexametrics

3 Wisata Susur Sungai di Pacitan, Ada yang Disebut Mirip Sungai Amazon

Qomariah Dianti
3 Wisata Susur Sungai di Pacitan, Ada yang Disebut Mirip Sungai Amazon
Sungai Maron. (Dok. Pribadi/Qomariah Dianti)

Kabupaten Pacitan sering kali dijadikan sebagai destinasi saat berwisata. Umumnya pengunjung memilih pantai dan gua sebagai tujuan wisata alam ketika sedang berkunjung ke Pacitan.

Namun sebenarnya, Pacitan tidak hanya memiliki pantai dan gua. Di sini juga terdapat sungai yang menarik untuk dikunjungi. Bagi yang tertarik berkunjung, berikut beberapa rekomendasinya.

1. Sungai Maron

Destinasi pertama, kalian bisa mencoba susur sungai di Sungai Maron. Sungai Maron terletak di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Sungai Maron ini disebut-sebut memiliki kemiripan dengan Sungai Amazon.

Untuk bisa menyusuri sungai sepanjang 4,5 km ini kalian perlu menyewa perahu terlebih dahulu. Selama kegiatan susur sungai kalian akan disuguhkan dengan pemandangan yang begitu indah. Banyak pepohonan tumbuh di kanan dan kiri sungai. Air sungai yang berwarna hijau kebiru-biruan juga semakin menambah indahnya tempat ini.

Kegiatan susur sungai ini bermuara ke sebuah pantai. Pantai Ngiroboyo namanya. Kalian akan diberikan waktu beberapa menit untuk menikmati pemandangan pantai ini sebelum kembali lagi ke tempat awal.

2. Kali Cokel

Selanjutnya, ada Kali Cokel. Kali merupakan sebutan sungai dalam bahasa Jawa. Kali Cokel berlokasi di Desa Watukarung, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan. Kali Cokel ini hampir mirip dengan Sungai Maron. Pemandangannya pun juga tak kalah indah. Namun, berbeda dengan Sungai Maron yang airnya bisa keruh saat musim penghujan tiba, air di Kali Cokel ini tidak akan keruh.

Seperti di Sungai Maron, jika kalian tertarik ke sini kalian bisa menyusuri sungai dengan perahu. Kalian akan menyusuri sungai hingga ke ujung sungai ini yaitu Pantai Watukarung. Selain perahu, bagi yang memiliki keberanian lebih bisa mencoba paddling menggunakan stand up paddleboard alias SUP.

3. Kali Barong

Nama Kali Barong mungkin masih jarang terdengar dibanding dua destinasi wisata lainnya. Namun, urusan keindahan sungai ini pun tak kalah indah. Lokasi Kali Barong berada di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan.

Untuk menyusuri sungai ini biasanya menggunakan perahu mancung yang bisa diisi dan didayung oleh 3 orang. Selain perahu, di sini juga terdapat sepeda air.

Dan yang menarik di Kali Barong ini juga terdapat hiburan kesenian Ceklukan. Ceklukan merupakan alunan musik yang tercipta dari air sungai yang bisa dimainkan oleh 6-7 orang.

Nah, itu tadi beberapa wisata susur sungai yang bisa kalian coba kunjungi selama berada di Pacitan. Jadi, sungai mana nih yang ingin kalian coba kunjungi dulu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak