alexametrics

5 Fakta Menarik Drama Korea Jirisan, Sinematografi Tuai Kritikan

Dina Dewita
5 Fakta Menarik Drama Korea Jirisan, Sinematografi Tuai Kritikan
still cut terbaru Joo Ji Hoon dan Jun Ji Hyun di "Jirisan." (Soompi)

Menjalani pekerjaan yang menantang maut dengan menjadi penjaga hutan di Taman Nasional Gunung Jiri, ternyata tak membuat Seo Yi Kang (Jun Ji Hyun) lelah. Memiliki sebutan sebagai Iblis Seo karena memahami betul seluk beluk Gunung Jiri dan hanya dengan menggunakan rumput serta daun, ia mampu menemukan petunjuk dari orang hilang.

Di sisi lain, Kang Hyun Jo (Ju Ji Hoon) merupakan anak baru penjaga hutan yang sebelumnya merupakan mantan letnan lulusan dari akademi militer. Keinginannya untuk menjadi seorang penjaga hutan dikarenakan dahulu ia sempat mengalami insiden di Gunung Jiri, yang akhirnya memebuat Kyun Jo penasaran dengan isi Gunung Jiri.

Gunung Jiri sendiri merupakan perbatasan dari dunia manusia dan makhluk ghaib yang telah banyak menelan korban jiwa, baik dengan cara bunuh diri, dibunuh, atau bahkan hilang begitu saja.

Yi Kang dan Hyun Jo merupakan dua di antara beberapa penjaga hutan yang paling tak kenal lelah dan istirahat. Tak ingin menghentikan pencarian dan tugasnya sebagai penjaga hutan, sebelum apa yang mereka cari dan inginkan berhasil ditemukan. 

Meski ditemani dengan cuaca dan situasi yang sangat buruk sekalipun, keduanya tetap kekeuh. Hingga akhirnya, sebuah kecelakaan pun menimpa kedunya hingga pada akhirnya tak mampu lagi menjadi seorang penjaga hutan. 

Lantas, musibah apakah yang menimpa keduanya? Serta bagaimanakah nasib sebagai penjag hutan yang selama ini mereka tekuni?

Mengambil kisah tentang Gunung Jiri sebagai gunung tertinggi kedua di Korea Selatan, K-drama Jirisan memiliki lima fakta menarik yang patut diketahui sebelum menyaksikan aksi laga para pemain. Penasaran? Berikut di antaranya:

1. Penggabungan genre thriller, misteri, dan laga

Meski mengambil kisah tentang Gunung Jiri, nyatanya Jirisan memiliki tema atau genre yang berbau menyeramkan. Menggabungkan genre thriller, misteri, dan laga, Jirisan mengemas kisah para penjaga hutan dengan rasa mencekam yang tak terbendung. 

2. Menjadi drama kembalinya Jun Ji Hyun

Menjalani masa hiatus selama lima tahun lamanya, akhirnya aktris kenamaan Jun Ji Hyun kembali ke layar kaca lewat drama Jirisan. Namanya semakin melambung setelah bermin dalam drama My Sassy Girl pada tahun 2001 silam.

Sebelum menjalani hiatus, ia terakhir kali bermin dalam drama Legend of the Blue Sea bersama Lee Min Ho dan sempat menjadi cameo dalam drama Kingdom. Kini kemunculannya di dunia seni peran setelah lima tahun berselang, Jun Ji Hyun menjadi aktris dengan bayaran tertinggi.

3. Kado ulang tahun tvN ke-15

Dengan bertambahnya usia pada tanggal 9 Oktober 2021 lalu, tvN memberikan kado bagi para penonton dramanya dengan menghadirkan tiga drama spesial. Selain Jirisan, adapun Tale of Secret Royal Inspector and Joy dan Melancholica.

Namun, Jirisan menjadi satu-satunya drama yang berhasil secara perdana menaikkan derajat tvN dengan mengantongi rating pada episode pertama sebesar 9,1% dan 10,7 di episode kedua. Tak hanya itu saja, Jirisan menjadi drama yang paling dinanti dan diminati.

4. Bertabur bintang papan atas

Baru melihat pemeran utamanya saja, Jirisan menggaet aktor dan aktris kenamaan dengan bayaran tinggi. Namun, tak sampai di situ saja lho. Pemeran pendukung dari drama Jirisan ini juga sangat memukau, seperti Sung Do Il, Oh Sung Je, Go Min Si, Jo Han Chul, dan Jun Suk Ho. Selain itu, drama ini menjadi drama dengan biaya produksi yang tinggi sebesar 32 miliar won atau sama dengan 27,4 juta dollar US.

5. Sinematografi yang kurang baik

Pada episode pertama, meski mendapatkan rating yang memuaskan ternyata Jirisan mendapatkan kritik tentang sinematografi yang dihadirkan. Mengambil latar Gunung Jiri, ternyata yang ditayangkan begitu parah dan tak seperti karya Lee Eung Book sebelumnya.

Penasaran dengan kisah kelanjutan Yi Kang dan Hyun Joo? Tayang setiap Sabtu dan Minggu mulai 23 Oktober 2021, Jirisan hadir di tvN pada pukul 21.00 KST.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak