alexametrics

5 Album Musik dengan Penjualan Terlaris Sepanjang Masa, Ada Lagu Favoritmu?

Calvin Vadero
5 Album Musik dengan Penjualan Terlaris Sepanjang Masa, Ada Lagu Favoritmu?
Michael Jackson (Shutterstock)

Musik Telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari manusia. Musik tidak hanya sebatas hiburan semata tetapi sudah menjadi industri yang menjanjikan, terutama bagi para musisi. Banyak orang-orang yang terkenal dan dikenal dunia lewat musik.

Sebut saja seperti John Lennon, Celine Dion, Jimmy Hendrix, Michael Jackson, dan masih banyak lainnya. Bukan hanya terkenal, mereka juga mendapatkan banyak kekayaan lewat penjualan album-album musik mereka. Berikut 5 album musik dengan penjualan terlaris sepanjang masa.

1.Michael Jackson – Thriller (1982)

Album dengan penjualan terlaris sepanjang masa yang pertama dipegang oleh album studio keenam Michael Jackson, Thriller. Dengan 33 juta unit terjual di AS sejak 1982, Thriller memenangkan delapan Grammy Awards yang memecahkan rekor pada 1984, termasuk Album of the Year.

Album ini menghasilkan tujuh single, yakni “The Girl Is Mine,” “Billie Jean,” “Beat It,” “Wanna Be Startin’ Somethin',” “Human Nature,” “P.Y.T. (Pretty Young Thing),” dan “Thriller.” Semuanya mencapai 10 besar di tangga lagu Billboard Hot 100 AS. Thriller diperkirakan telah terjual 66 juta copy di seluruh dunia.

2. AC/DC – Back in Black (1980)

Selanjutnya ada album Back in Black milik band rock asal Australia, AC/DC. Setelah sang vokal utama AC/DC, Bon Scott meninggal karena keracunan alkohol akut di sebuah persta, anggota yang tersisa hampir berhenti. Namun, niat tersebut diurungkan oleh para personel.

Sebagai gantinya, mereka merekrut Brian Johnson untuk mengambil alih vokal utama dan merilis album studio ketujuh AC/DC, Back in Black dengan sampul serba hitam, sebagai rasa duka atas kehilangan rekan satu band mereka. Diproduksi oleh produser super rock Robert John 'Mutt' Lange, album ini telah terjual sekitar 50 juta copy di seluruh dunia.

3. Pink Floyd – The Dark Side of the Moon (1973)

Album dengan penjualan terlaris sepanjang masa selanjutnya dipegang oleh album studio The Dark Side of the Moon milik band legendaris Pink Floyd. The Dark Side of the Moon mencapai nomor satu di tangga lagu Billboard AS dan telah berada di tangga lagu selama lebih dari 900 minggu secara total, dengan perkiraan penjualan sekarang berdiri di lebih dari 45 juta copy. Beberapa keuntungan dari album diinvestasikan dalam film Monty Python dan Holy Grail.

4. Meat Loaf – Bat Out of Hell  (1977)

Sangat dipengaruhi oleh Bruce Springsteen's Born To Run, Bat Out of Hell menggabungkan elemen-elemen terbaik dari opera rock urban dan musik rock progresif. Di AS, Bat Out of Hell masih terjual sekitar 200.000 copy per tahun dan telah terjual sekitar 43 juta copy di seluruh dunia, termasuk 14 juta di AS saja. Sementara, Bat Out of Hell berada di tangga lagu Inggris selama 485 minggu dan merupakan album terlaris sepanjang masa di Australia.

5. Eagles – Hotel California (1976)

Terakhir ada album Hotel California milik band rock asal Amerika, Eagles, sebagai album dengan penjualan terlaris sepanjang masa. Musik yang dirilis pada tahun 1976 ini sukses terjual sekitar 42 juta copy di seluruh dunia. Album pertama mereka dengan gitaris Joe Walsh menduduki puncak tangga lagu dan memenangkan dua Grammy Awards untuk lagu utama dan "New Kid in Town."

Sementara tiga single dirilis dari album, masing-masing mencapai tinggi di Billboard Hot 100: "New Kid in Town" (nomor satu), "Hotel California" (nomor satu), dan "Life in the Fast Lane" (nomor 11).

Itulah 5 album musik dengan penjualan terlaris sepanjang masa. Ada musisi atau lagu favoritmu? 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak