facebook

Mengenal Volodymyr Zelensky, Komedian yang Menjadi Presiden Ukraina

Muhammad Hafizh Ramadhan
Mengenal Volodymyr Zelensky, Komedian yang Menjadi Presiden Ukraina
Pelantikan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. (AFP)

Selama 2 tahun terakhir, Ukraina menjadi negara dalam area perebutan Rusian dan AS. Kini Ukraina semakin dekat dengan Rusia dan juga AS semenjak mantan presiden sebelumnya, Petro Poroshenko yang gagal pada pemilu tahun 2019 silam. Poroshenko dikalahkan secara telak oleh seorang komedian, dia bernama Volodymyr Zelensky.

Siapa sosok Volodymyr Zelensky sebenarnya? Disadur dari bbc dalam artikel “Ukraine election: Comedian Zelensky wins presidency by landslide”, Zelensky dikenal sebagai seorang komedian di Ukraina. Setelah lulus dari Institut Ekonomi Kryvyi Rih dan menyandang gelar sarjana hukum, dia memilih profesi yang berbeda. 

Di usianya yang berumur 17 tahun, Zelensky bergabung dalam grup Kvartal 95 dan berhasil memenangkan sebuah kompetisi komedi di negara tersebut pada tahun 1997 yang bernama KVN. Mulai dari situ, kariernya semakin naik. Zelensky pun menjadi seorang aktor komedi yang sangat terkenal perannya dalam serial Servant of The People.

Dalam memerankan perannya sebagai aktor komedi, dia sering menyentil permasalahan politik. Pada saat pertama kali muncul sebagai aktor komedi di televisi, dia berperan sebagai seorang Presiden pada sebuah serial komedi. Hal ini turut dilaporkan oleh The Times dalam artikel bertajuk “The Times view on Ukraine’s new president: Servant of the People”, 23 April 2019

Perannya yang suka menyindir politik Ukraina dan menyinggung soal korupsi itu pun membuatnya semakin dikenal di Ukraina. Namun, Zelensky kecewa karena kritikan dalam lawakannya enggak mengubah apapun. Pada tahun 2018, dia membangun sebuah partai politik yang diberi nama seperti judul film yang sudah membuatnya terkenal, yaitu Servant of the People. 

Biaya operasional partai itu bersumber dari perusahaannya sendiri, Kvartal 95. Setelah satu tahun partai Servant of the People dibuat, Volodymyr Zelensky mencalonkan diri menjadi presiden yang menghebohkan rakyat Ukraina pada 31 Desember 2018. Di pentas politik itu, Zelensky akan bertarung dengan Petro Poroshenko.

Pada awalnya, sang petahana, Petro Poroshenko menganggap remeh Zelensky karena ia politikus muda yang sebelumnya belum pernah mempunyai pengalaman dalam dunia politik. Namun, tingkat kepercayaan publik terhadap Poroshenko pun menurun, reputasi Zelensky pun semakain naik karena kesannya yang menjadi aktor antikorupsi.

Namun, tidak ada yang menyangka, Zelensky bersama partainya Servant of the People berhasil memenangkan pemilihan Presiden pada 21 April 2019. Dia mendominasi dengan memperoleh 73% suara, sedangkan Petro Poroshenko cuma mendapat 24,4% suara. Kemudian pada 20 Mei 2019, Zelensky resmi dilantik sebagai Presiden Ukraina.

Demikianlah kisah singkat Volodymyr Zelensky, seorang komedian yang menjadi Presiden. Bagaimana menurutmu sosok Zelensky ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak