facebook

5 Fakta Steve Jobs, Mantan CEO Apple yang Jarang Orang Ketahui

Calvin Vadero
5 Fakta Steve Jobs, Mantan CEO Apple yang Jarang Orang Ketahui
Buku tentang Steve Jobs dan Produk iPhone (Unsplash.com)

Jika kamu membaca artikel ini, kemungkinan besar kamu telah menggunakan salah satu dari banyak produk yang sangat terkenal dari inovasi seorang Steve Jobs. Steve Jobs yang lahir pada 24 Februari 1955, menetapkan standar untuk teknologi masa kini. Steve Jobs ikut mendirikan Apple pada tahun 1976, dipaksa keluar dari perusahaan pada tahun 1985, dan kembali ke perusahaan sebagai CEO pada tahun 1996.

Steve terus menjadi wajah Apple sampai kematiannya akibat kanker neuroendokrin pada tahun 2011. Tanpa Steven, pekerjaan teknologi di dunia modern mungkin terlihat sangat berbeda, dan orang di balik mesin itu adalah sosok yang sangat kompleks. Berikut adalah lima fakta tentang Steve Jobs yang mungkin belum kamu ketahui.

1. Anak yang diadopsi

Fakta pertama yang harus kamu ketahui dari seorang Steve Jobs, yakni mengenai status dalam keluarganya. Steve Jobs mungkin adalah sosok yang sangat terkenal di dunia, tetapi dia selalu berhati-hati untuk menyembunyikan kehidupan pribadinya. Steve diadopsi dan ayah kandungnya, Abdulfattah Jandali, adalah seorang imigran Suriah. Dia menolak upaya Jandali untuk berhubungan dan menyangkal ayah dari putrinya sendiri, Lisa, selama bertahun-tahun.

2. Mulai Menggunakan Turtleneck Hitam karena karyawannya tidak ingin menggunakan seragam perusahaan

Kehalusan desain produk Apple diterjemahkan ke dalam lemari pakaian terkenal Steve. Sebagian besar foto Steve menunjukkan dia mengenakan turtleneck hitam yang dipasangkan dengan jeans dan sepatu kets. Mengenai fakta satu ini, Mentalfloss.com melansir bahwa Steve awalnya terinspirasi untuk mulai mengenakan seragam ketika ia mengunjungi kantor pusat Sony di Tokyo pada tahun 80-an dan mengagumi seragam minimalis berdesain Miyake yang dikenakan karyawan.

Steve sangat menyukai seragam tersebut, bahkan dia menugaskan Miyake untuk mendesain seragam untuk Apple, tetapi karyawannya kurang menyukai ide tersebut. Steve berkompromi dengan mengadopsi turtleneck khas Miyake. Setelah kematiannya, Miyake kemudian merilis turtleneck hitam serupa sebagai penghormatan kepada influencer mode ini.

3. Pernah berpacaran dengan musisi

Theladders.com melansir, sebelum bertemu istrinya, Laurene Powell, Steve berkencan dengan penyanyi folk Joan Baez pada tahun 1982. Steve menggambarkan hubungan mereka sebagai "hubungan serius antara dua teman yang tak sengaja menjadi kekasih."

4. Steve Jobs tidak memiliki pengetahuan teknologi yang diharapkan orang banyak

Fakta satu ini juga tidak kalah menarik dari ketiga sebelumnya. Daripada teknologi, justru rekan-rekannya mengatakan bahwa Steve lebih dikenal karena kecerdasan bisnis dan kreativitasnya ketimbang kecakapan teknisnya. Steve Wozniak, yang ikut mendirikan Apple dengan Steve Jobs dan mengundurkan diri pada tahun 1985, pernah berkata, “Dia tidak tahu teknologi. Dia tidak pernah mendesain apa pun sebagai insinyur perangkat keras, dan dia tidak tahu perangkat lunak. Dia ingin menjadi penting, dan orang-orang penting selalu menjadi pebisnis. Jadi itulah yang ingin dia lakukan.”

5. Komputer pertama Steve Jobs dilelang dengan harga hampir $500,000

Fakta terakhir dari seorang Steve Jobs berkaitan dengan komputer pertamanya. Sulit dipercaya komputer dari tahun 1976 masih akan berfungsi hari ini, tetapi model desktop pertama Apple, Apple-1 yang langka milik Steve Jobs (awalnya dijual dengan harga $666.66) baru-baru ini berhasil dilelang di Christie's . Komputer ini dijual kepada pembeli anonim untuk sekitar $470.000.

Itulah lima fakta Steve Jobs yang banyak orang tidak ketahui. Bagaimana menurutmu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak