facebook

Dampak Baik dan Buruk Bermain Game Online

Diffa Dwi Kurnia
Dampak Baik dan Buruk Bermain Game Online
Ilustrasi game online - (Freepik)

Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa banyak anak-anak sekarang yang kecanduan bermain game online. Sebenarnya, apakah game online tersebut? game online adalah permainan yang hanya dapat dimainkan dengan menggunakan koneksi internet.

Game online dapat dimainkan dengan media handphone atau smartphone, laptop dan computer. Tidak dapat dipungkiri bahwa sekarang ini tidak sedikit yang memiliki handphone dengan kecanggihan yang setara dengan komponen komputer. Saat ini siapa yang tak mengenal game online PUBG, Mobile Legend, Call Of Duty, dan lain-lain, pasti semua pengguna smartphone mengenal jenis game online ini. Namun, memainkan game online tidak bijak akan dapat menimbulkan dampak yang buruk dalam tubuh atau kehidupan anak kita tanpa kita disadari. 

Dibalik banyaknya kecanggihan yang ditawarkan handphone masa sekarang ada bahaya yang mengincar generasi muda tetapi, hal itu membuktikan bahwa generasi sekarang lebih cerdas dan berkembang dalam hal ilmu pengetahuan. Sekilas tak ada masalahnya dengan hal tersebut. Kecanggihan sebuah handphone dengan game online. Dapat dilihat dari sudut pandang yang lain, game pada dasarnya baik atau memiliki beberapa nilai positif untuk pemainnya.

Beberapa dampak positif saat seseorang bermain game online adalah anak akan lebih memahami tentang komputer atau smartphone, membantu mereka bersosiliasi dari tempat yang jauh,  untuk meningkatkan konsentrasi pada anak-anak, melatih penalaran pada saat bermain game, dan melatih kinerja otak mereka.

Namun, apapun yang dilakukan secara berlebihan pasti akan menimbulkan dampak yang tidak baik. Apalagi, bila seseorang anak-anak kecanduan sebuah game online. Menurut penelitian yang pernah dipublikasikan dalam sebuah jurnal Pediatrics, yang mengatakan bahwa anak yang kebanyakan memainkan game online akan terganggu proses tumbuh kembangnya.

Kecanggihan media handphone pada jaman sekarang membuat anak-anak menjadi lebih sering menggunakan handphone mereka dibandingkan dengan berinteraksi secara langsung dengan teman-temanya. Itu adalah salah satu jenis masalah yang timbul dari kecanduan game online.

Berkurang bahkan hilangnya sikap empati dan terhadap seseorang, enggan bersosiliasi dengan teman-teman maupun dengan lingkungan di sekitar mereka, menghabiskan waktu dengan percuma, membuang uang hanya untuk membeli paket data atau membeli sesuatu yang ada pada game tersebut, menjadi malas belajar, bekerja, dan melakukan aktifitas lainnya.

Bahkan yang telah kecanduan dalam bermain game online dapat menyebabkan mereka lupa waktu untuk melangkapi kebutuhan hidup lainnya.  Hal itu jelas mengganggu kehidupan seseorang dengan tidak langsung. seperti yang kita ketahui bahwa manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan orang lain. Kita perlu melakukan interaksi atau komunikasi dengan banyak orang untuk saling tolong menolong. Namun, bisa dibayangkan apa yang akan terjadi bila bermain game online secara terus menerus akan menggerogoti generasi muda saat ini.

Untuk itu orang tua, guru, dan kita semua juga harus mengantisipasi game online yang sebenarnya memiliki banyak dampak baik bagi anak-anak, menjadi penyebab buruk bagi anak dan menjadi putusnya jalinan silaturahmi antar sesame manusia baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat luas. Orangtua harus bisa menyadarkan atau menyadari anak pada saat menggunakan smartphone dan bijak dalam memberikan smartphone kepada mereka.

Sebagai sesama, kita harus saling mengingatkan akan dampak buruk yang akan kita dapat jika kita memainkan game online secara terus menerus atau sampai kecanduan bermain game online. Dengan memainkan game online secara bijak pastilah akan mengurangi resiko negatif dalam tubuh dan kehidupan kita. Dengan demikian, perubahan bagi generasi muda menjadi baik dan bijak dalam bermain game online menjadi tanggung jawab kita bersama. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak