facebook

5 Film Indonesia yang Diadaptasi dari Novel Karya Penulis Terbaik Bangsa

Desyta Rina Marta Guritno
5 Film Indonesia yang Diadaptasi dari Novel Karya Penulis Terbaik Bangsa
Film Bumi Manusia, Salah Satu Film Indonesia yang Diadaptasi dari Novel (IMDB/desytarina)

Film adalah salah satu karya seni yang memiliki banyak penggemar, dengan adanya film seseorang merasa terhibur setelah aktivitas yang melelahkan, selain itu di dalam film juga terdapat pesan moral yang bisa dipetik.

Di Indonesia sendiri terdapat banyak film bagus hasil karya anak bangsa, beberapa diantaranya adalah adaptasi dari sebuah novel. Tentu saja tidak semua novel diangkat menjadi sebuah film, biasanya hanya novel-novel best seller karya penulis terbaik yang kemudian dijadikan film.

Berikut ini adalah 5 rekomendasi film Indonesia yang diadaptasi dari novel karya penulis terbaik bangsa:

1.     5 CM

Film 5 CM (IMDB)
Film 5 CM (IMDB)

Film yang satu ini tidak diragukan lagi kualitasnya, berawal dari sebuah novel best seller dengan judul yang sama karya Donny Dhirgantoro, 5 CM diangkat menjadi sebuah film epik oleh Rozal Mantovani. Selain itu, pemain dalam film ini juga adalah aktor dan aktris terbaik Indonesia. Pemain tersebut diantaranya Fedi Nuril, Raline Shah, Herjunot Ali, Pevita Pearce, Igor “Saykoji”, dan Deni Sumargo. Dengan pengemasan film yang baik maka film ini berhasil menuai banyak pujian.

2.     Ayat-Ayat Cinta

Film Ayat-ayat Cinta (IMDB)
Film Ayat-ayat Cinta (IMDB)

Film yang diangkat dari sebuah novel bertema islami karya Habiburrahman El-Shirazy ini memiliki 2 seri yakni Ayat-Ayat Cinta 1 dan Ayat-Ayat Cinta 2. Masih dibintangi oleh Fedi Nuril, Ayat-Ayat Cinta menceritakan kehidupan muslim di luar negeri, film pertama mengambil latar di Mesir sedangkan film kedua mengambil latar di Eropa. Film ini mengemas pelajaran tentang Islam, toleransi antaragama, serta kisah cinta dengan sangat baik.

3.     Tenggelamnya Kapal Van der Wijck

Poster Film Tenggelamnya Kapal Van der Wijck (IMDB)
Poster Film Tenggelamnya Kapal Van der Wijck (IMDB)

Film yang dibintangi oleh Herjunot Ali, Pevita Pearce, dan Reza Rahardian ini diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama karya salah satu penulis terbaik bangsa yakni Hamka. Menceritakan kehidupan di tanah Sumatera pada masa itu yang masih kental dengan aturan adat, film ini mampu mengaduk emosi penonton dengan alur ceritanya.

4.     Assalamualaikum Beijing

Film Assalamualaikum Beijing (IMDB)
Film Assalamualaikum Beijing (IMDB)

Film ini diangkat dari novel karya Asma Nadia. Mengisahkan perjalanan seorang penulis bernama Asma yang pergi ke Cina setelah pernikahannya gagal, disana ia bertemu dengan seorang laki-laki atheis yang kemudian tertarik pada Islam dan menjadi mualaf sekaligus suami bagi Asma.

5. Bumi Manusia

Film Bumi Manusia (IMDB)
Film Bumi Manusia (IMDB)

Film Bumi Manusia ini diadaptasi dari salah satu novel tetralogi karya Pramoedya Ananta Toer. Dibintangi oleh aktor dan aktris milenial yakni Iqbaal Ramadhan dan Mawar de Jongh, film ini menceritakan kehidupan bangsa Indonesia saat masa penjajahan Belanda. Dengan pemeran-pemeran tersebut, menjadikan film ini lebih ramah di kalangan anak muda.

Itulah 5 rekomendasi film Indonesia yang diangkat dari sebuah novel, baik produser film maupun penulis novel diatas merupakan anak terbaik bangsa yang patut kita apresiasi hasil karyanya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak