facebook

Puslit Koka, Destinasi Wisata Edukasi dan Rekreasi di Jember yang Wajib Dikunjungi!

Farida Hasanatul
Puslit Koka, Destinasi Wisata Edukasi dan Rekreasi di Jember yang Wajib Dikunjungi!
Teras depan Puslit Koka (Doc.Pribadi/faridahasanatul)

Pusat penelitian kopi dan kakao atau yang sering disingkat dengan Puslit Koka merupakan tempat di Jember yang sangat menarik untuk dikunjungi. Puslit Koka ini berlokasi di kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Untuk menuju ke lokasi, akan lebih mudah dan cepat jika melalui daerah jenggawah.

Tiket masuk wisata edukasi Puslit Koka ini cukup murah, hanya Rp 3000 per orang. Sedangkan untuk parkir pengunjung dikenai tarif sebesar Rp 2000 untuk motor dan Rp 5000 untuk mobil. 

Dengan membayar tiket seharga Rp 3000, pengunjung dapat menikmati fasilitas yang diberikan oleh Puslit Koka seperti:

1. Naik Kereta Kayu Keliling Perkebunan

Dengan membayar tiket sebesar Rp 10.000, pengunjung dapat menikmati berkeliling kebun kopi dan kakao menggunakan kereta kayu. Terdapat 4 kereta kayu yang akan mengantarkan pengunjung untuk menikmati pemandangan dan kesejukan angin di perkebunan kopi dan kakao. Kereta kayu ini terdiri dari lima baris, setiap baris bisa memuat sampai empat orang. Lumayan besar kan?

2. Taman Bermain Tengah Kebun

Di tengah kebun, terdapat arena taman bermain, seperti ayunan, kolam renang, memberi makan rusa, kantin, hiburan karaoke, musholla, jungkat-jungkit. Setelah sampai pada arena ini pengunjung diberi pilihan, mau bermain di taman atau ikut kembali bersama kereta kayu tadi. Karena empat kereta berjalan secara bergantian, jadi jangan takut ditinggal kereta ya.

3. Berkeliling Pabrik Kopi dan Kakao

Nah, wisata edukasi berada di sini nih. Setelah pengunjung puas bermain, maka kereta kayu tadi akan menjemput kembali sampai ke tempat awal. Di sini pun pengunjung diberi pilihan ingin melihat pabrik kopi dan kakao atau tidak. Karena untuk menjelajah pabrik, pengunjung diharuskan berjalan kaki dan ditemani oleh seorang pemandu, guna menjelaskan proses serta alat yang ada di pabrik. Menarik kan? Pasti wawasan kita tentang kopi dan kakao akan bertambah yaa bila berwisata kesini.

4. Cafetaria dan Outlet Kopi dan Kakao

Setelah mengetahui proses pengolahan kopi dan kakao, sekarang waktunya pengunjung menikmati berbagai olahan produk yang berbahan dasar kopi dan kakao, seperti, puding coklat, es krim, suwar suwir, salad, sabun dan lain sebagainya. 

Nah itulah sedikit ulasan tentang Puslit Koka, banyak pengetahuan yang dapat kita peroleh jika mengunjungi tempat ini. Pokoknya tempat ini sangat direkomendasikan untuk kalian yang ingin berakhir pekan bersama keluarga.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak