facebook

5 Rekomendasi Film di Netflix yang Dibintangi Tom Hanks

Eko Saputra
5 Rekomendasi Film di Netflix yang Dibintangi Tom Hanks
Forrest Gump (dok. Paramount Pictures)

Tom Hanks merupakan aktor dan pembuat film ternama asal Amerika Serikat. Film-film yang dimainkannya mendapat banyak pujian dari penggemar dan kritikus. Hal ini tentu berkat akting brilian dan perjalanan karier yang panjang. Pria kelahiran California, 9 Juli 1956 ini telah bermain dalam lebih dari sembilan puluh film. 

Nah, buat kamu yang ingin menonton film-film yang dibintangi Tom Hanks, berikut 5 rekomendasi filmnya yang dapat kamu saksikan di layanan streaming Netflix

1. Forrest Gump (1994)

Forrest Gump (dok. Paramount Pictures)
Forrest Gump (dok. Paramount Pictures)

Film drama garapan sutradara Robert Zemeckis ini menceritakan kisah hidup seorang pria sederhana bernama Forrest Gump dari kanak-kanak hingga dewasa. Forrest memiliki IQ di bawah rata-rata dan menjalani masa kecil bersama sahabat satu-satunya, Jenny. Meski memiliki banyak kekurangan, Forrest punya satu kelebihan; berlari dengan cepat. Sejak menyadari kelebihan ini, Forrest menghabiskan hidupnya dengan berlari. Ketika beranjak dewasa, ia dan Jenny mulai jarang bertemu.

Forrest Gump bergabung dengan tim football, mendaftar militer dan dikirim ke Perang Vietnam, mewakili AS pada ajang tenis meja internasional, membuka bisnis pemancingan udang, hingga bertemu langsung dengan beberapa Presiden. Banyak hal telah dilakukan Forrest, tetapi hanya Jenny yang ada dalam pikirannya. 

Ketika akhirnya bertemu dan menyatakan cintanya, Jenny menolak. Forrest Gump yang patah hati lantas melakukan perjalanan tanpa pikir panjang. Ia berlari melintasi Amerika Serikat selama tiga setengah tahun. Berkat akting memukaunya memerankan Forrest Gump, Tom Hanks mendapatkan Penghargaan Oscar tahun 1995 sebagai Aktor Terbaik. 

2. Sully (2016)

Sully (dok. Warner Bros. Pictures)
Sully (dok. Warner Bros. Pictures)

Film garapan sutradara Clint Eastwood ini didasarkan pada otobiografi berjudul Highest Duty yang ditulis Chesley "Sully" Sullenberger dan Jeffrey Zaslow. Film ini menceritakan peristiwa pada 15 Januari 2009 ketika pesawat US Airways mengalami kerusakan pada kedua mesin karena diserbu sekawanan burung setelah beberapa menit lepas landas. 

Karena tidak memungkinkan untuk kembali ke bandara LaGuardia atau mendarat di bandara terdekat, kapten Sully sebagai pilot pun memutuskan mendarat darurat di Sungai Hudson. Seluruh penumpang termasuk pilot, kopilot, dan awak pesawat berhasil selamat. Kapten Sully pun disebut-sebut warga sebagai pahlawan.

Namun, Dewan Keselamatan Transportasi Nasional tetap menyelidiki peristiwa tersebut dan mencurigai Sully dalam keadaan tidak stabil selama penerbangan. Hasil penyelidikan sementara juga mengungkapkan bahwa hanya satu mesin yang rusak dan seharusnya masih cukup waktu untuk mendarat di bandara alih-alih di sungai. Jika benar demikian, karir dan reputasi Sully terancam. 

Dalam film ini, Tom Hanks berperan sebagai Kapten Sully dengan karakternya yang profesional, penuh perhitungan, dan rendah hati. 

3. The Terminal (2004)

The Terminal
The Terminal

Film garapan sutradara Steven Spielberg ini menceritakan seorang pria yang terjebak di bandara, bernama Viktor Navorski (diperankan Tom Hanks). Viktor merupakan warga negara Krakozhia yang akan mengunjungi New York. Namun, ketika dalam penerbangan, negaranya mengalami perang saudara dan terjadi kudeta kekuasaan. Amerika Serikat tidak lagi mengakui Krakozhia sebagai negara berdaulat. Akibatnya, paspor serta surat-surat lain milik Viktor tidak berlaku sampai perang di negaranya usai. 

Viktor pun terjebak di Bandara Internasional JFK. Tidak bisa memasuki New York atau pulang ke Krakozhia, Viktor akhirnya tinggal di bangunan Terminal hingga sembilan bulan lamanya. Selama waktu tersebut, Viktor mulai belajar bahasa Inggris lebih dalam. Ia juga berteman akrab dengan orang-orang di Terminal dan mendengaran kisah hidup mereka yang unik dan menakjubkan.

4. The Green Mile (1999)

The Green Mile
The Green Mile

Film yang disutradarai Frank Darabont ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Stephen King. Dalam film ini, Tom Hanks memerankan Paul Edgecomb yang merupakan seorang sipir penjara hukuman mati. Paul menjalani pekerjaannya seperti biasa; terdakwa datang, di tahan dalam sel, kemudian— saat waktunya tiba—dihukum mati di kursi listrik. 

Namun, suatu hari seorang terdakwa baru bernama John Coffey dikirim ke penjaranya. Coffey bertubuh besar seperti raksasa, tetapi ia cengeng dan sering menangis di dalam sel. Paul dan rekan-rekannya heran. Hal yang mengejutkan adalah kenyataan bahwa Coffey memiliki kekuatan supranatural, tetapi sulit mengendalikannya. 

Eksekusi mati Coffey beberapa hari lagi. Apa yang kemudian disaksikan Paul adalah pengalaman paling berkesan dan hal yang tak mungkin bisa dilupakannya hingga tua. 

5. The Da Vinci Code (2006)

The Da Vinci Code
The Da Vinci Code

Film misteri yang disutradarai Ron Howard ini diadaptasi dari novel best seller berjudul sama karya Dan Brown. Dalam film ini Tom Hanks memerankan karakter Robert Langdon, seorang profesor simbologi dan ikonografi ternama. Langdon menerima telepon misterius yang memintanya datang ke Museum Louvre, Paris. Sesampainya di sana, ia mendapati sesosok mayat telanjang yang merupakan kurator museum. Di perut mayat terdapat tato aneh.

Langdon kemudian menyadarai bahwa teka-teki rumit ini terkait dengan misteri terbesar sepanjang sejarah yang mana petunjuknya banyak ditemui di karya-karya Leonardo DaVinci. Bersama seorang kriptolog bernama Sophie Neveu, Langdon berusaha memecahkan misteri itu.

Namun, Robert Langdon justru dijadikan sebagai tersangka. Sebelum kematiannya, kurator museum itu telah membuat janji pertemuan dengan Langdon. Polisi curiga Langdon terlibat atas pembunuhan ini. Akhirnya, Robert Langdon harus mengungkap misteri ini sambil berlari dari kejaran polisi sepanjang Paris, London, dan kota-kota lainnya. 

Itulah lima  rekomendasi film yang dibintangi Tom Hanks yang dapat disaksikan di Netflix. Sepanjang kariernya, Tom Hanks telah menerima banyak penghargaan bergengsi seperti Academy Award dan Golden Globe. Selain berperan sebagai aktor, Tom Hanks juga merupakan produser, sutradara, dan penulis skenario. Nah, dari 5 film di atas, mana saja yang sudah kamu tonton? 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak