6 Rekomendasi Aplikasi To Do List Terbaik, Instal Biar Kamu Nggak Keteteran

Siti Muawanah
6 Rekomendasi Aplikasi To Do List Terbaik, Instal Biar Kamu Nggak Keteteran
Ilustrasi to do list (Pexels/Freestocks.org).

Tugas kantor atau kuliah yang menumpuk terkadang membuat kita bingung dan keteteran. Bahkan terkadang membuat kita bingung harus dikerjakan terlebih dahulu. Keteteran jadi hal yang menyebalkan dan membuat hasil kerjaan kita menjadi kurang maksimal. 

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir keteteran yaitu dengan membuat to do list, supaya tugas-tugas lebih terorganisir dengan baik. Kalau kita membuat daftar tugas dengan mengurutkan dari yang paling urgent dan segera, tentu kita mudah dalam menyelesaikan tugas berdasarkan prioritas.

Lagipula membuat daftar dan jadwal tugas tidak harus ditulis di kertas kok. Sekarang sudah banyak aplikasi manajemen prioritas yang bisa di-download secara gratis dari smartphone, untuk memudahkan kita melihat serta mengatur daftar tugas.

Ada banyak aplikasi to do list yang ditawarkan untuk menarik pengguna. Namun, tidak semua  fitur-fitur itu kita butuhkan. Makanya, kita harus pintar-pintar memilah dan memilih aplikasi mana yang cocok untuk daftar tugas kita sehingga bisa digunakan secara efektif.

Berikut ini rekomendasi aplikasi to do list terbaik yang bisa kamu coba.

1. Any.do

Any.do jadi salah satu aplikasi to do list yang paling populer di toko aplikasinya si mbah Google, alias Google Playstore. Aplikasi yang satu ini sudah diunduh oleh 10 juta lebih pengguna, makanya tidak heran kalau si Any.do ini dapat gelar dari Google Play sebagai aplikasi pilihan editor.

Selain berfungsi sebagai to do list, aplikasi ini juga bisa kita gunakan sebagai kalender, pengingat, dan planner. Any.do bisa digunakan untuk berkolaborasi, berbagi tugas, dan juga chat secara langsung dengan rekan kita. 

2. Microsoft To-Do

Siapa di sini yang jadi penggemar fanatiknya Microsoft? Kalau kamu penggemar setia produk Microsoft, aplikasi yang satu ini sangat cocok untuk mengingatkan tumpukkan tugasmu yang meleber dan menggunung. 

Kesan saya sama Microsoft To-Do ini, simpel tapi canggih, ndak susah buat digunakan dan tentunya terhubung dengan sedulurnya dari produk Microsoft lain seperti Microsoft Outlock Mail. Aplikasi ini cocok lah kalau digunakan untuk mengelola tugas sekolah, tugas kuliah, tugas kantor, bahkan tugas rumah.  

3. Ike 

Pernah baca buku “7 Habbit of Highly Effective People”? Aplikasi ini dibuat karena terinspirasi dari buku tersebut dalam menentukan prioritas. Desain aplikasinya sendiri mudah digunakan dan penuh warna. Kalau kamu sering keteteran dan bingung tugas mana dulu yang harus diselesaikan, aplikasi ini bisa banget membantu. Ike bisa mengelola daftar tugasmu berdasarkan urgensi dan tingkat kepentingan. 

Buatmu yang sering ngerjain tugas mepet deadline, aplikasi Ike bakal setia jadi alarm pengingat, bisa setiap hari, setiap 3 hari, 3 bulan, dan seterusnya sampai kamu menyelesaikan tugasmu.

4. I Remember

Aplikasi ini bisa disebut pendatang baru dalam dunia per to di list-an. Meskipun baru, I Remember punya popularitas yang bagus karena terkenal dalam waktu cepat. Bahkan aplikasi ini juga sudah dapat gelar sebagai aplikasi pilihan editor di Google Play Store karena fungsinya yang nyaman. Aplikasi I Remember cukup digeser-geser ke kanan-kiri untuk memilih fungsinya.

Tidak cuma jadi to do list, I Remember juga bisa dijadikan sebagai pengatur jadwal dan tempat mencatat ide-ide yang mendadak muncul. Kamu yang ndak pernah dikasih kata-kata menyentuh, aplikasi ini bisa memberimu kata-kata mutiara setiap harinya. Paket lengkap lah pokoknya.

5. Google Task

Cinta sama produknya mbah Google? Aplikasi ini cocok dan bisa jadi pertimbangan buatmu yang tidak bisa jauh-jauh dari Google. Google Task punya kemampuan mengagumkan yang sudah tidak mengherankan lagi dalam hal sinkronisasi dengan Google Calendar maupun Gmail. Jadi apapun yang sudah kamu buat di Google Calendar dan Gmail akan secara otomatis tersinkronkan di Google Task.

Google Task juga bisa menyusun daftar tugasmu dan memecahkannya jadi sub-sub tugas sesuai prioritasnya. Fungsi to do list Google Task sendiri lebih simple dan mudah digunakan.

6. Remember The Milk

Aplikasi yang satu ini juga tidak  kalah bagus dari 5 aplikasi di atas. Remember The Milk punya fitur smartlist yang bisa melacak tuga-tugasmu dan menyortir daftar tugas dari yang terpenting. Jadi, kamu tidak akan kelewatan untuk menggarap tugasmu. 

Tidak cuma bisa kerja sendirian, kamu bisa mencoba fitur kolaborasi dengan rekanmu. Dengan aplikasi Remember The Milk kamu bisa mengatur daftar tugas sesuai tanggal yang sudah jatuh tempo, lalu dicentang kalau tugas selesai.

Itulah rekomendasi aplikasi to do list terbaik.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak