facebook

3 Rekomendasi Buku yang Mengajakmu Menjelajahi Benua Eropa dan Asia

Martina Mulia Dewi
3 Rekomendasi Buku yang Mengajakmu Menjelajahi Benua Eropa dan Asia
Ilustrasi travelling (unsplash/Dariusz Sankowski)

Siapa bilang keliling dunia harus dengan biaya yang mahal? Kamu bisa duduk manis dan menikmati perjalananmu keliling dunia dari sebuah buku saja. Ya walaupun memang tidak secara langsung kamu bisa menikmati panorama indah dari sebuah negara. Setidaknya untuk saat ini bekal ilmu pengetahuanmu tentang sebuah negara sudah ada. Nanti kalau tiba waktunya kamu menginjakkan kaki di negara yang kamu tuju, rasanya akan lebih seru. Berikut ini ada tiga rekomendasi buku yang mengajakmu untuk keliling Benua Eropa dan Asia

1. Garis Batas - Agustinus Wibowo

Doc Pribadi (Martinamuliadewi)
Doc Pribadi (Martinamuliadewi)

Siapa yang tak kenal Agustinus Wibowo? Ia berhasil menuliskan beberapa buku dari cerita perjalanannya menyusuri tiap negara. Buku berjudul “Garis Batas” ini adalah salah satunya. Di buku ini merupakan kisah unik dan nyata dari perjalanan Agustinus Wibowo  di negara Asia Tengah, yaitu negara-negara yang berakhiran dengan “stan”. Tajikistan, Kirgistan, Kazakhstan, Uzbekistan, dan Turkmenistan. 

Ia bercengkrama secara langsung dengan penduduk di sana, mengenal budaya dan peradaban di setiap negara. Melewati garis batas dan mempelajari banyak hal dari perjalanannya. Tak jarang kisah unik bahkan horor hadir di buku ini. Seru sekali membacanya sampai tak menyangka buku setebal itu (510 halaman) habis juga dilahap. Penasaran membaca buku Agustinus Wibowo yang lain jadinya.

2. Api Tauhid - Habiburrahman El Shirazy

Doc Pribadi (Martinamuliadewi)
Doc Pribadi (Martinamuliadewi)

Habiburrahman El Shirazy atau biasa disapa Kang Abik selalu bisa membuat cerita yang sangat apik di setiap bukunya. Novel yang dibalut dengan kisah cinta dan sejarah di suatu negara berhasil membuat pembaca terpesona. Kisah Api Tauhid ini merupakah sebuah novel sejarah yang mengangkat kisah cinta pemuda Indonesia bernama Fahmi dan juga memadukan sejarah  tokoh pembangun peradaban Badiuzzaman Said Nursi. 

Latar yang digunakan di novel ini adalah di Negara Turki. Buku ini masih jadi tingkat pertama buku yang paling aku sukai sampai sekarang. Karena bukan hanya suka dengan cerita yang dibangun, tetapi kisahnya begitu menggugah jiwa. Apalagi Negara Turki yang jadi latarnya. Semakin banyak hal yang aku ketahui tentang Turki di buku ini, semakin ingin aku pergi ke sana. Ingin mendengar secara langsung tentang sejarah, kemegahan arsitektur, dan peradaban islam yang ada di negara ini. Semoga, suatu hari nanti.

3. Inspirasi dari Tanah Eropa - Ario Muhammad dan Ahmad Ataka

Doc Pribadi (Martinamuliadewi)
Doc Pribadi (Martinamuliadewi)

Inspirasi dari Tanah Eropa adalah catatan perjalanan dari dua orang pemuda muslim yang belajar di Eropa. Mereka adalah Ario Muhammad dan Ahmad Ataka. Ario Muhammad adalah seorang pemuda dari Halmahera Utara yang berhasil mendapatkan beasiswa S2 dan S3nya di luar negeri, yaitu di National Taiwan University of Science and Technology (NTUS) dan PhD-nya di University of Bristol, UK. Sedangkan Ahmad Ataka Awwalur Rizqi adalah lulusan Universitas Gajah Mada yang berhasil melanjutkan studi PhD-nya di King’s College of London dengan beasiswa LPDP. 

Buku ini bukan hanya mengisahkan perjalanan mereka di Negara Eropa, tetapi diceritakan juga perjuangan kenapa mereka sampai di titik itu. Pasti banyak dari kita yang menginginkan mendapatkan beasiswa di luar negeri bukan? Namun, pencapaian itu kadang belum sejalan dengan kualitas diri yang membangun mimpi itu menjadi nyata. Nah, di buku ini, dihadirkan juga cerita mereka yang berhasil menginjakkan kaki di Benua Eropa dan kisah perjalanan melukis mimpi di langit Eropa. Seru deh bacanya. Ternyata pencapaian yang hebat itu berasal dari pribadi yang hebat dan mempesona.

Itu tadi 3 rekomendasi buku yang berhasil membuatku semakin ingin menjelajahi dunia. Ternyata masih ada banyak hal yang belum aku tahu di dunia ini. Dari membaca buku ini semoga kita semakin berani menuliskan mimpi untuk terbang mengelilingi dunia suatu hari nanti. Tentu kita harus bangun terlebih dahulu untuk merealisasikan itu. Yuk, kejar dan kerja mimpimu untuk keliling dunia sekarang juga 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak