facebook

3 Rekomendasi Novel Alternative Universe Tentang Keluarga, Siap-siap Tisu saat Membaca

Ratna Komalasari
3 Rekomendasi Novel Alternative Universe Tentang Keluarga, Siap-siap Tisu saat Membaca
ilustrasi buku dan kopi (sumber foto: pexels.com)

Pada tahun 2020, AU atau Alternate Universe memang semakin banyak diperbincangkan karena memiliki sesuatu yang baru saat membaca cerita fiksi bagi para pembaca. Seperti Alternate Universe di platform Twitter yang dibuat dengan menggunakan fake sosmed atau fake chat, bukan narasi seperti kebanyakan cerita fiksi. Ini yang membuat AU dari Twitter semakin melejit namanya, apalagi dengan cerita-cerita dan dibungkus dengan hal-hal yang menarik nan berbeda.

AU atau singkatan dari Alternate Universe adalah sebuah sub-genre dari Fanfiction yang dibuat dengan situasi yang berbeda dengan aslinya. Berbeda dengan Fanfiksi yang dibuat dengan situasi yang sama seperti idolanya, Alternate Universe adalah situasi yang berbeda di mana penulis bisa berimajinasi sesuai dengan apa yang ia bayangkan.

Misalnya saja, Haechan NCT (salah satu idola boygroup dari Korea Selatan) menjadi seorang mahasiswa di Universitas Indonesia dalam Alternate Univese yang kamu buat. Alternate Universe bisa dipublikasikan di platform mana saja, bisa di Twitter, Wattpad, Instagram, dan lainnya.

Berikut ini adalah 3 rekomendasi novel yang berasal dari Alternate Universe yang bisa kalian baca di waktu luang!

1. Daksa

Cover Daksa (source: Lunar Books)
Cover Daksa (Lunar Books)

Daksa karya penulis bernama Kia ini memiliki cerita yang mengharu biru tentang keluarga yang terpecah karena kesalahpahaman dan orang tua yang menarik dirinya untuk sang anak. Juna yang awalnya menolak untuk mempunyai adik karena tidak mau sang mama yang saat mengandungnya pernah hampir meninggal, mengalami hal tersebut kembali.

Namun, saat mencoba memberikan ruang, ia malah ditinggalkan, diacuhkan, dibenci, diberi tekanan secara mental dan fisik oleh kedua orang tua serta sepupunya. Juna hanya lelah terus disalahkan karena meninggalnya sang adik, memutuskan untuk menyerah dengan semua hal yang terjadi padanya.

Saat membaca ini, kalian akan merasakan perjuangan dan kesakitan yang dialami oleh Juna untuk tetap bertahan hidup di tengah tekanan yang diberikan untuk anak remaja usia 18 tahun. Membaca Daksa kalian harus siapkan tisu, ya! Karena ceritanya memang akan membuat kamu menangis sesegukan.

2. Arkananta

Cover Arkananta (source: Penerbit Akad)
Cover Arkananta (Penerbit Akad)

Arkananta karya penulis Shiningjaemz juga mempunyai cerita yang mengharu biru tentang keluarga. Bercerita tentang 7 saudara yang hanya tinggal dengan sang ayah karena sang ibu sudah meninggal. Konflik terjadi ketika anak sulung dalam keluarga itu meninggal karena suatu hal saat mengajak semua saudaranya untuk pergi ke pantai.

Duka itu membuat sang ayah terpukul dan mulai menyalahkan semua anak-anaknya. Selama bertahun-tahun 6 bersaudara itu diacuhkan dan dijauhi oleh ayahnya sendiri. Apakah semuanya akan membaik pada akhirnya?

Membaca cerita ini juga harus siapin tisu, ya! Ceritanya membuat kita merasakan sakitnya diacuhkan dan hanya mempunyai satu sama lain saja.

3. Dongeng

Cover Dongeng (source: Autoren Publisher)
Cover Dongeng (Autoren Publisher)

Dongeng karya Armaraher ini bercerita tentang keluarga yang bisa dibilang harmonis, tetapi kedua saudara dalam keluarga itu selalu saja bertengkar. Apalagi dengan tingkah sang adik yang terkadang di luar batas (Ia suka marah-marah dan sering berkata kasar) membuat sang kakak terkadang berharap sang adik bisa lebih baik dan menghormati dirinya. Namun, tiba-tiba saja, sang adik berubah 180 persen dalam berperilaku, membuat semua orang keheranan.

Cerita ini sangat plot twist, benar-benar membuat pembaca sangat terkejut dengan apa yang terjadi pada sang adik. Kalian harus coba baca cerita ini di rumah!

Jadi, itu adalah 3 cerita alternate universe yang bisa kalian coba baca di rumah! Jika kalian tidak punya uang, tetapi tertarik membacanya, kalian bisa membaca versi AU-nya di Twitter penulis masing-masing. Daksa (@fluffyhaechann), Arkananta (@Shinningjaemz), dan Dongeng (@armaraher). Selamat membaca! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak