facebook

5 Kebun Binatang Populer untuk Destinasi Libur Lebaran Bersama Keluarga

aozora dee
5 Kebun Binatang Populer untuk Destinasi Libur Lebaran Bersama Keluarga
Pengunjung melihat gajah Sumatera di Taman Margasatwa Ragunan , Jakarta, Selasa (3/5/2022). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

Libur lebaran adalah salah satu momen berlibur yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia. Momen libur lebaran lebih terasa istimewa, sebab kebanyakan seluruh anggota keluarga berkumpul.  2 hari setelah Hari Raya Idul Fitri, tempat-tempat wisata biasanya mulai dipadati oleh pengunjung yang memboyong keluarga besarnya.

Tiket.com menyebutkan bahwa salah satu tempat yang banyak dikunjungi untuk mengisi libur lebaran adalah dengan kebun binatang. Berikut ini beberapa kebun binatang terbesar di Indonesia yang bisa kamu jadikan sebagai destinasi seru berlibur bersama keluarga!

1. Kebun Binatang Ragunan – Jakarta

Ilustrasi Ragunan Zoo sumber foto: https://id.linkedin.com/company/ragunan-zoo
Ilustrasi Ragunan Zoo (Linkedln/ragunan-zoo)

Terletak di Pasar Minggu, Jakarta, Ragunan termasuk kebun binatang yang memiliki lebih dari empat ribu spesimen. Banyaknya koleksi binatang dari berbagai tempat di Indonesia dan luar negeri membuat kebun binatang satu ini tempat ideal untuk memperkenalkan beragam fauna kepada anak-anak. Nah, Kebun Binatang Ragunan ini adalah kebun binatang pertama di Indonesia lho.

2.  Batu Secret Zoo – Malang

ilustrasi Batu Secret Zoo sumber gambar: https://www.instagram.com/p/CZ8LRfhJAB3/
Ilustrasi Batu Secret Zoo (Instagram/nuyss)

Kebun Binatang di kawasan Batu Malang ini dilengkapi dengan fasilitas dan wahana taman rekreasi yang menarik. Wahana pelengkap satu ini menjadikan Batu Secret Zoo istimewa dan menarik banyak pengunjung. Batu Secret Zoo tidak hanya dikunjungi oleh arek Malang saja sebab banyak pengunjung dari luar Malang yang ingin menyambangi dan melihat koleksi fauna di dalamnya.

3. Taman Safari Indonesia - Bogor

Ilustrasi Taman Safari Bogor sumber gambar: https://www.instagram.com/p/CU4cqzzp-TK/
Ilustrasi Taman Safari Bogor (Instagram/dhidhinys)

Taman Safari Indonesia terletak di Cisarua Bogor, menjadi salah satu kebun binatang terbesar di Indonesia yang memiliki fasilitas lengkap nan unik. Area Taman Safari sangat luas dan butuh kendaraan untuk menjelajahi setiap sudut-sudutnya. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa kendaraan yang disediakan dari Taman Safari, seperti kereta mini, bus safari atau kendaraan lainnya. Selain melihat koleksi binatang dan berfoto dengan mereka, pengunjung dapat menikmati pertunjukkan atraksi binatang yang seru.

4. Kebun Binatang Gembira Loka – Yogyakarta

llustrasi Gembira Loka Yogya sumber gambar: https://www.instagram.com/p/CcmxrzOra_U/
llustrasi Gembira Loka Yogya (Instagram/GLZooJogja)

Masyarakat Yogya tidak perlu keluar kota untuk mengunjungi kebun binatang. Pasalnya, di kotanya sendiri punya kebun binatang yang tidak kalah menarik. Kebun Binatang Gembira Loka mempunyai koleksi binatang dari berbagai jenis. Apabila bosan dengan melihat koleksi binatang, pengunjung dapat menjajal berbagai wahana seperti Perahu Katamaru, terapi ikan dan wahana-wahana menarik lainnya.

5.Kebun Binatang Bandung

llustrasi Kebun Binatang Bandung sumber gambar: https://www.instagram.com/p/Cc70AyTPp-f/
llustrasi Kebun Binatang Bandung (Instagram/Pukcoy)

Dalam hal pariwisata, Bandung juga tidak kalah dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia. Parisj van Java punya kebun binatang unik yang saat ini sudah menjadi salah satu destinasi wisata populer di Indonesia.

Terletak di Jalan Kebun Binatang, Lebak Siliwangi, Coblong Bandung, Kebun Binatang Bandung menyediakan beragam fasilitas yang memanjakan pengunjung. Pengunjung dapat menjajal wahana outbond yang ramah anak, bersantai di danau buatan, menaiki gajah tunggang, menikmati teater satwa dan berfoto dengan binatang-binatang kesayangan.

Itu dia 5 kebun binatang populer di Indonesia yang bisa dijadikan sebagai destinasi libur lebaran bersama keluarga. So, kebun binatang mana yang akan kamu kunjungi dalam momen libur lebaran tahun ini?   

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak