facebook

Pulau Pasumpahan: Maldives Tersembunyi di Kota Padang

Priscilla Olga Salim
Pulau Pasumpahan: Maldives Tersembunyi di Kota Padang
Pulau Pasumpahan (Dokpribadi/priscillaolga)

Sumatera Barat diciptakan saat Tuhan sedang tersenyum, berikut yang dikatakan Konsulat Jenderal India Subham Singh saat berkunjung. Tak salah lagi, dipenuhi dengan keanekaragaman alam yang begitu indah dan tanah yang subur. Selain alam, Sumatera Barat juga terkenal dengan kuliner yang menggoyang lidah penikmatnya. Pariwisata Sumatera Barat tergolong beragam mulai dari pantai, gunung, lembah, air terjun, danau, perkebunan, dan banyak lagi semuanya dapat kita nikmati dalam satu kunjungan di Provinsi ini.

Kota Padang merupakan ibukota dari Provinsi Sumatera Barat terletak dekat dengan laut. Oleh karena itu, banyak pulau pulau kecil yang rupawan dan memanjakan mata saat dikunjungi. Salah satunya adalah Pulau Pasumpahan. Terletak di desa Sungai Pisang, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, akses ke Pulau Pasumpahan terdiri dari 3 pilihan.

  1. Dari pelabuhan Muara di pusat Kota Padang memakan waktu sekitar 50 menit (tergantung mesin kapal) dan biasanya tarif yang dikenakan lebih mahal, karena lebih jauh.
  2. Menumpang kapal nelayan di pelabuhan Bungus Teluk Kabung memakan waktu kurang lebih 30 menit.
  3. Menyeberang dari desa Sungai Pisang dengan durasi kurang lebih 5-10 menit.

Semua pilihan memiliki kekurangan dan kelebihannya masing masing. Apabila berkendala untuk akses jalan darat, kamu dapat melipir ke pilihan pertama. Apabila ingin menghemat waktu perjalanan laut, dan tidak terlalu jauh menempuh jalan darat, dapat memilih pilihan kedua. Ingin jalan laut dengan durasi singkat dengan harga boat lebih terjangkau, kamu dapat memilih pilihan ketiga. Untuk harga berkisar Rp 35.000 sampai dengan Rp 150.000 sekali jalan, tergantung boat yang digunakan dan fasilitas yang ditawarkan.

Keunggulan Pulau Pasumpahan

Laut yang jernih (dokpribadi/priscillaolga)
Laut yang jernih (dokpribadi/priscillaolga)

Pulau seluas lima hektar ini diminati wisatawan karena pasir putihnya yang halus, air yang jernih dengan tiga warna, serta pemandangan bawah laut yang indah. Saat hari libur nasional biasanya pulau ini dipenuhi dengan wisatawan yang ingin bersantai bersama keluarga dan orang terdekat. Banyak cottage dan gazebo yang disediakan dengan harga terjangkau. Untuk sewa gazebo berkisar Rp 100.000 - Rp 200.000 tergantung durasi penggunaan. Kamu juga dapat camping di tempat yang disediakan, cukup membayar Rp.40.000 (per orang/1 malam). Sangat terjangkau bukan?

Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas di Pulau - tempat penyewaan dan WC umum (dokpribadi/priscillaolga)
Fasilitas di Pulau - tempat penyewaan dan WC umum (dokpribadi/priscillaolga)

Fasilitas yang tersedia pun lengkap, mulai dari wc umum, charging station, watersport dan warung. Warung menjual berbagai macam makanan (gorengan, nasi dengan lauk, mie goreng, dan mie rebus) cocok dimakan saat hangat, minuman, dan pakaian ganti. Pengurus pulau juga menyediakan tempat penyewaan alat, mulai dari perlengkapan snorkeling, perlengkapan camping, hingga ban untuk anak anak.

Satu kegiatan lagi yang wajib kamu lakukan saat berkunjung di Pulau Pasumpahan adalah Hiking. Perjalanannya memang tak mudah, namun cocok untuk mengasah adrenalinmu. Mendaki bukit yang berada di ujung pulau sangat worth it dengan pemandangan yang kita dapatkan ketika sampai di puncaknya.

Tertarik untuk berkunjung ? Yuk, segera jadwalkan liburan ke Pulau Pasumpahan Kota Padang.  

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak