facebook

7 Fakta Kanada, Negara dengan Garis Pantai Terpanjang di Dunia

Ahmad Irfan Ramadhan
7 Fakta Kanada, Negara dengan Garis Pantai Terpanjang di Dunia
Alert, Nunavut, Kanada. (Shutterstock)

Kanada adalah salah satu negara terbesar di dunia yang berada di bagian utara Benua Amerika, tepatnya berada di bagian Utara Negara Amerika Serikat. Sama halnya seperti negara lain, Kanada adalah sebuah negara yang terdiri dari beragam suku, ras, budaya, dan bahasa. Negara ini juga merupakan negara commonwealth atau negara persemakmuran Inggris. Menyadur dari thebanffblog berikut ini adalah 7 fakta Kanada yang perlu kamu tahu.

1. Kanada adalah sebuah negara yang berbentuk monarki

Kanada memiliki ratu yang sama dengan Inggris, Ratu Elizabeth II. Hal ini terjadi karena Kanada adalah anggota negara persemakmuran Inggris (commonwealth), yang sebelumnya merupakan koloni Kerajaan Inggris.

2. Memiliki dua bahasa resmi

Inggris bukan satu-satunya kekuatan kolonial yang haus kekuasaan pada masa perintisan Kanada. Ada juga Prancis, yang pernah menguasai sebagian besar Amerika Utara dalam beberapa waktu. Prancis tidak bertahan lama di Kanada, tetapi yang bertahan sampai sekarang adalah budaya dan bahasa Prancis yang masih melekat di sana. Saat ini, bahasa Inggris dan Prancis adalah bahasa yang paling banyak digunakan di Kanada.

3. Kanada adalah negara terbesar kedua di dunia

Dengan luas 9,98 juta km persegi membuat Kanada menjadi negara terbesar kedua di dunia, dibawah Rusia.

4. Kanada memiliki garis pantai terpanjang di dunia

Jika kita lihat Kanada pada peta, kita dapat melihat semua pulau dan garis bergerigi dan tidak beraturan yang menandai ujung daratan. Hal ini membuat kanada menjadi negara dengan garis pantai terpanjang di dunia dengan panjang lebih dari 125.500 mil.

5. Kanada juga memiliki perbatasan internasional terpanjang di dunia

Tetangga Kanada, Amerika Serikat juga merupakan salah satu negara terbesar di dunia dan hanya negara inilah yang berbatasan dengan Kanada di bagian selatan dengan panjang 5.525 mil dan menjadikannya perbatasan internasional terpanjang di dunia.

6. Kata Kanada berasal dari kata pribumi

Kata Kanada berasal dari kanata, yang berarti "pemukiman" atau "desa" dalam bahasa St. Lawrence Iroquoians. Sayangnya, penduduk asli ini menghilang pada abad ke-16, selama perang dengan Mohawk yang menginginkan monopoli perdagangan dengan orang Eropa pada saat itu.

7.  Prancis dan Inggris bukanlah orang Eropa pertama yang menjajah Kanada

Orang Eropa yang pertama kali menjajah Kanada adalah bangsa Viking. Yaitu Leif Erikson yang memimpin ekspedisi sekitar tahun 1000 M dia adalah cucu seorang Viking Norwegia yang diasingkan ke Islandia. Pemukiman Viking berada di Newfoundland, yang dikenal oleh mereka sebagai Vinland.

Itulah tadi 7 fakta Kanada. Tertarik mengunjungi negara ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak