facebook

Custom Launchers: Mari Mulai Membuat Smartphone Anda Menjadi Lebih Keren

Muhammad Iqbal Shaleh
Custom Launchers: Mari Mulai Membuat Smartphone Anda Menjadi Lebih Keren
Ilustrasi smartphone. (Pixabay.com)

Smartphone adalah salah satu jenis platform teknologi berupa perangkat portabel yang berfungsi untuk membantu manusia melakukan berbagai jenis kegiatan di dalam kehidupan mereka. Kegiatan seperti mencari informasi, menulis catatan, menghubungi sesama, melakukan belanja, dan masih banyak lagi kini menjadi semakin mudah dengan menggunakan bantuan dari alat ini. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa smartphone merupakan bagian yang akan sulit untuk dilepaskan dari kehidupan kita.

Adapun teman pintar kita ini memiliki variasi. Variasi tersebut di antaranya terletak pada ukuran layar, volume suara, jumlah kamera, dan lain-lain. Informasi mengenai hal-hal tersebut di dalam dunia teknologi disebut sebagai specification atau disingkat menjadi spec.

Pada umumnya merek-merek ternama di setiap tahun akan kembali menerbitkan smartphone dengan spec yang terus mengalami peningkatan. Namun, hal tersebut bukan lah untuk dijadikan alasan anda sering kali berganti-ganti ponsel sebab hal tersebut merupakan suatu tindak pemborosan.

Meskipun smartphone yang anda miliki kini mungkin dapat dibilang sudah ketinggalan zaman, anda tidak perlu malu! Jujur saja, penulis merasa bahwa seharusnya anda itu bangga. Hal tersebut menjadi penanda bahwa anda mampu menjaga barang dan merupakan tipe orang yang akan awet ketika berada di dalam suatu relationship.

Akan tetapi, terdapat poin-poin tertentu di mana hubungan yang sudah berjalan begitu lama kini mulai terasa membosankan. Dirinya pada saat ini tidak lah seperti dirinya di kala dulu. Oleh karena itu, melalui artikel ini penulis memberikan solusi bagi anda untuk mempertahankan kondisi di mana dompet yang ada tetap berisi yaitu dengan cara menghias tampilan layar ponsel yang anda miliki.

Apa itu Launcher?

Launcher pada dasarnya merupakan aplikasi yang berfungsi sebagai suatu lingkungan desktop untuk smartphone. Pada launcher anda dapat menemukan icons dari aplikasi-aplikasi yang sudah terpasang di ponsel anda. Selain itu, anda pun dapat menemukan widgets seperti jam dan kalender yang selain menghias lingkungan tempat mereka berada, juga membantu mengingatkan anda akan waktu kerja.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita mempercantik tampilan pada launcher milik ponsel kita ini supaya menjadi lebih indah dan nyaman dilihat mata, sebab launcher lah yang akan kita lihat ketika ponsel kita pertama kali berhasil dinyalakan kembali setelah dia mati.

Apa itu Custom Launcher?

Launcher yang terpasang di smartphone anda secara default sejak pertama kali dibeli umumnya sangat terbatas ketika anda ingin melakukan kustomisasi terhadapnya. Pada launcher tersebut anda hanya dapat mewadahi icon-icon dari berbagai aplikasi ke dalam satu grup, memilih tema, mengganti wallpaper, dan memasang widget yang berasal dari suatu aplikasi tertentu. 

Supaya lebih leluasa dalam menghias home screen, anda mungkin ingin mendapatkan aplikasi launcher lain untuk mengganti launcher bawaan pabrik. Namun, perlu diingat bahwa memasang aplikasi yang terpampang di dalam App Store dan Google Play secara sembarang sama saja dengan mengundang malapetaka sebab meskipun Apple dan Google sering kali menyatakan bahwa mereka sudah berupaya untuk menjaga aplikasi toko mereka, tidak sedikit malware yang lolos proses pengecekan dan lanjut merusak perangkat korban. Maka dari itu, dalam artikel ini penulis akan memberikan rekomendasi sejumlah aplikasi custom launcher yang bagus dan terpercaya.

Rekomendasi Aplikasi Custom Launcher

Nova Launcher dan Total Launcher
Nova Launcher dan Total Launcher (Tangkapan layar/Google Play)

Berikut adalah aplikasi custom launcher yang mungkin cocok untuk anda gunakan:

1. Nova Launcher

Aplikasi Nova Launcher menggantikan layar beranda anda, dan memberi fitur-fitur canggih seperti kustomisasi terhadap antarmuka pengguna (user interface), tema icon (icon theme), laci untuk menyimpan aplikasi (app drawer), respon terhadap gerakan tangan (gesture), dan kemampuan untuk mencadangkan serta memulihkan pengaturan yang sudah anda tetapkan (back up and restore). Anda bisa mendapatkannya melalui Google Play. Website resmi: https://novalauncher.com/

2. Total Launcher

Aplikasi Total Launcher adalah aplikasi yang serupa dengan Nova Launcher dalam artian mereka sama-sama memberikan kesempatan bagi anda untuk mempermak antarmuka pengguna, dan memberi fitur-fitur canggih yang akan membantu anda dalam melakukannya. Jujur saja, penulis belum pernah menggunakan aplikasi ini. Namun, informasi yang saya dapat mengenai perangkat ini sangat lah menarik.

Total Launcher ini dikatakan lebih customizable dibandingkan dengan Nova. Sepertinya developer serius ketika memberikan nama Total terhadap aplikasi launcher satu ini. Anda bisa mendapatkannya melalui Google Play. Website resmi: https://total-launcher.blogspot.com/ 

Tahap Selanjutnya?

Kustom Live Wallpaper
Kustom Live Wallpaper

Sebelum melakukan tahap selanjutnya, pasti kan dulu bahwa diri anda sudah terbiasa menggunakan fitur bawaan dari launcher baru anda. Setelah itu, anda dapat melihat tutorial di YouTube atau situs lain untuk mengetahui cara mengkustomisasi antarmuka pengguna smartphone milik anda secara lebih mendalam dengan menggunakan Kustom Live Wallpaper (KWLP).

Jika anda tertarik untuk mempelajari lebih dalam tentang aplikasi KWLP ini, saya merekomendasikan untuk berkunjung kepada beberapa situs berikut:

1.      https://help.kustom.rocks/ 

2.      https://www.bcraftmath.com/klwp.html 

3.      https://www.jagwar.de/kustom-beginners-guide-part-1-klwp-basics/ 

Smartphone sudah menjadi hal yang penting bagi hidup kita. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita memperbarui tampilan antarmuka di dalamnya, sebab kita akan terus melihatnya di setiap awal hari sebelum menggunakan smartphone untuk bermain game atau belajar.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak