facebook

Negara Ini Tidak Punya Nyamuk, Inilah 5 Fakta Islandia!

Ahmad Irfan Ramadhan
Negara Ini Tidak Punya Nyamuk, Inilah 5 Fakta Islandia!
Bendera Islandia.(Unsplash.com)

Islandia adalah negara yang terletak di barat laut benua Eropa. Negara ini termasuk negara skandinavia yang terkenal bangsa viking-nya. Ibukota negara ini adalah Reykjavík. Sama halnya seperti negara lain, ada sejumlah fakta tentang negara ini yang tidak dijumpai di negara lain.

Menyadur dari www.trafalgar.com berikut ini adalah 5 fakta tentang Islandia.

1. Negara ini tidak punya nyamuk

Ya, nyamuk mungkin menjadi 'musuh' sehari-hari kamu saat sedang bersantai atau sedang beraktivitas. Akan tetapi, di Islandia kamu tidak akan menemukan serangga ini dikarenakan di Greenland dan Skandinavia Utara, kepompong (nyamuk) hibernasi di bawah es selama musim dingin, dan segera menetas sebagai nyamuk saat es mencair. Hal ini terjadi saat musim semi, karena musim dingin kutub terus berlanjut. Musim dingin di Islandia bervariasi. Ada kemungkinan terjadinya kenaikan suhu yang tiba-tiba di tengah musim dingin. Saat mencair, maka suhu akan turun lagi.

Dalam kondisi ini pupa akan menetas. Nyamuk kemudian perlu mencari mangsa untuk menghisap darah, kemudian perlu beberapa hari untuk telur matang, untuk bertemu pasangan dan bertelur di kolam atau rawa. Perubahan iklim di Islandia begitu cepat sehingga nyamuk tidak memiliki waktu yang cukup untuk menyelesaikan siklus hidupnya (mati).

2. Lebih dari 60% penduduk Islandia tinggal di ibu kota, Reykjavik

Meskipun sangat kecil, Reykjavik adalah ibu kota paling utara di dunia dan merupakan rumah bagi lebih dari setengah penduduk Islandia. Kota yang penuh warna dan unik ini dipenuhi dengan banyak restoran, kafe, bar, dan museum, serta sangat mudah dijangkau dengan berjalan kaki, menjadikannya tujuan yang sempurna untuk dijelajahi dengan berjalan kaki.

3. Islandia adalah tempat terakhir di bumi yang dihuni oleh manusia

Islandia dikenal sebagai salah satu daratan termuda di planet ini dan merupakan salah satu tempat terakhir di bumi yang dihuni oleh manusia. Anehnya, lebih dari 1.100 tahun yang lalu bangsa Viking dari Norwegia menemukan Islandia secara tidak sengaja.

4. Islandia adalah salah satu negara paling ramah lingkungan di dunia

Islandia baru-baru ini menduduki peringkat salah satu negara paling ramah lingkungan di dunia. Hal ini dikarenakan hampir semua listrik di Islandia diproduksi menggunakan sumber energi terbarukan.

5. Islandia memiliki minggu kerja terlama di Eropa

Salah satu fakta menarik tentang Islandia adalah rata-rata orang Islandia bekerja 45 jam dalam seminggu, lebih lama dari negara lain di Eropa.

Itulah tadi 5 fakta Islandia. Bagaimana, apakah tertarik untuk mengunjungi negara yang tidak memiliki nyamuk ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak