facebook

Minum Susu Setelah Mandi di Onsen, Strategi Bisnis atau Kebudayaan Jepang?

aozora dee
Minum Susu Setelah Mandi di Onsen, Strategi Bisnis atau Kebudayaan Jepang?
Ilustrasi susu (Pixabay.com/Couleur)

Berbicara tentang onsen memang tidak ada habisnya. Kita akan mengetahui bahwa mandi di pemandian air panas umum itu sudah membudaya di Negeri Matahari Terbit. Onsen atau mata air panas tersebar di seluruh penjuru Jepang.

Kita bahkan dapat menemukan onsen di pusat kota. Onsen memiliki daya tarik tersendiri, yakni air panasnya bersuhu hangat sekitar 250 derajat Celcius dan mengandung paling tidak 1 mineral, seperti litium, belerang atau besi.

JAL memaparkan bahwa ada dua jenis onsen di Jepang, yakni onsen buatan dan onsen alami. Mandi di onsen memberikan banyak manfaat yang baik untuk tubuh dan pastinya membuat tubuh relaks serta menimbulkan perasaan senang.

Selain itu, sirkulasi darah, menurunkan tingkat stres dan meredakan nyeri otot dan nyeri sendiri. Yang tidak kalah penting adalah mineral dari air panas onsen  membantu mengobati sejumlah penyakit kulit.

Minum Susu Dilakukan Setelah Mandi di Onsen

Inside Japan Tour menyebutkan ada beberapa peraturan yang wajib dipatuhi ketika mandi di onsen, seperti harus telanjang ketika memasuki bak mandi, harus membersihkan badan terlebih dahulu sebelum masuk ke bak mandi dan rambut harus diikat dan yang paling seru adalah minum susu setelah selesai mandi.

Ada banyak versi yang mengenai kebiasaan minum susu selepas mandi di onsen. Enjoy Onsen menerangkan bahwa keterangan itu bergantung kepada siapa kita bertanya.

Salah satu versi yang populer adalah dari dua pengusaha onsen Ken Moriyama dan Sumida Shokai yang berniat meningkatkan penjualan produk susu dan kopi mereka dengan menerapkan budaya minum susu selepas mandi di onsen. Mereka menciptakan minuman kopi susu di onsen mereka yang mulai diluncurkan pada tahun 1940.

Versi lain mengatakan bahwa produsen susu ingin menjual produk mereka di onsen. Dampaknya, pengunjung onsen dapat menemukan produk susu di lemari es onsen-onsen Jepang. Tanpa sadar praktek minum susu setelah mandi di onsen pun lahir dan menjadi salah satu budaya.

Di masa sekarang, pengelola onsen banyak menyediakan susu yang lebih bervariasi, misalnya saja susu buah, dan kopi susu. Menurut Live Japan, kedua minuman tersebut bermanfaat untuk mengembalikan energi dengan cepat setelah mandi. Selain itu, ada pula pengunjung yang memilih minuman karbonasi manis dan bersoda yang disebut Teppo Water Cider.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak