facebook

5 Makanan Merakyat Khas Indonesia yang Mendunia dan Wajib Kamu Coba

Farida Hasanatul
5 Makanan Merakyat Khas Indonesia yang Mendunia dan Wajib Kamu Coba
Ilustrasi Seorang Bapak Sedang Membakar Sate (Pexels.com)

Kamu harus bersyukur bisa terlahir sebagai warga negara Indonesia, karena memiliki banyak sekali ragam kuliner yang pastinya akan memanjakan lidahmu. Setiap daerah yang ada di Indonesia mempunyai makanan khasnya tersendiri, bahkan telah terkenal hingga ke mancanegara. Hal tersebut dikarenakan makanan dari Indonesia mempunyai aneka rempah-rempah yang begitu beragam sehingga membuat makanan menjadi terasa lezat.

Sebagai warga negara Indonesia seharusnya kamu mengetahui beragam makanan yang ada di Nusantara ini, yuk simak beberapa daftar makanan Indonesia yang terlezat berikut ini:

1.  Rendang

Ilustrasi rendang khas Minang. [Twitter @rossie_31]
Ilustrasi rendang khas Minang. [Twitter @rossie_31]

Hampir semua orang mengetahui salah satu makanan ini, rendang merupakan salah satu makanan Indonesia yang berasal dari Sumatera Barat. Rendang merupakan olahan dari irisan daging sapi yang dimasak menggunakan rempah khas Padang yang begitu gurih.

Dibutuhkan waktu kurang lebih 4 jam untuk memasak rendang ini, makanya rasanyapun begitu lezat karena proses memasaknyapun terbilang cukup lama. Tetapi, pastinya sebanding dengan rasa yang ditawarkan bukan? Kamu sudah pernah mencoba masakan yang satu ini?

2.  Bakso

Ilustrasi bakso. (Pixabay.com/stivianputra87)
Ilustrasi bakso. (Pixabay.com/stivianputra87)

Daftar makanan terlezat berikutnya yaitu ada bakso, salah satu makanan ini juga pastinya menjadi favorit semua orang. Bakso terbuat dari daging sapi yang telah digiling halus, kemudia dicampur bersama dengan bumbu halus, ditambah tepung terigu, kemudian secukupnya penyedap rasa. Kemudian bentuk adonan bulat-bulat dan rebus sampai matang sempurna.

Umumnya bakso disuguhkan menggunakan kuah dari kaldu sapi, tahu bakso, daun seledri yang telah dirajang, mie kuning atau mie bihun.

3.  Sate

Sajian sate ayam Cilacap (YouTube/Anak Kuliner)
Sajian sate ayam Cilacap (YouTube/Anak Kuliner)

Makanan yang satu ini juga mudah sekali dijumpai di Indonesia. Sate merupakan salah satu kuliner yang menggunakan bahan baku seperti daging sapi, daging ayam, daging kambing, daging kelinci dan juga daging kerbau.

Daging tersebut dipotong kecil berbentuk dadu yang kemudian direndam ke dalam bumbu marinasi, lalu dibakar sampai matang. Umumnya sate akan disuguhkan menggunakan bermacam-macam saus, seperti saus kecap ataupun saus kacang. Sate sangat cocok dinikmati bersama dengan lontong ataupun nasi putih yang ditambahkan kerupuk dan juga acar timun.

4.  Soto

Sajian soto klethuk khas Blora (YouTube/Zona Hijau)
Sajian soto klethuk khas Blora (YouTube/Zona Hijau)

Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang satu ini, dan pastinya setiap daerah memiliki ciri khasnya tersendiri. Misalnya saja soto Kudus yang terkenal menggunakan daging kerbau, ada juga soto Lamongan dan coto Makassar yang tidak kalah terkenalnya. 

5.  Nasi Goreng

ilustrasi nasi goreng (Pixabay)
ilustrasi nasi goreng (Pixabay)

Masakan yang satu ini juga terkenal akan kelezatannya hingga sampai ke luar negeri loh. Umumnya nasi goreng disajikan ketika sarapan atau ketika santap malam hari. Jika kalian sering berkulineran pada malam hari, tentu saja akan menemukan penjual nasi goreng gerobak yang berada di pinggir jalan yang harumya semerbak tidak kuasa untuk kamu tolak. 

Nah, itulah tadi beberapa daftar makanan Indonesia yang terkenal akan kelezatannya,apakah kamu sudah mencicipinya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak