facebook

4 Situs Penyedia Font Gratis untuk Kebutuhan Desain Grafis di Internet

Ibnuh Sulaiman
4 Situs Penyedia Font Gratis untuk Kebutuhan Desain Grafis di Internet
Ilustrasi Font (Unsplash/ @markusspiske)

Font merupakan salah satu elemen penting yang terdapat pada komputer kita. Font memiliki banyak jenis dan variannya. Ada font yang digunakan untuk pengetikan formal dan juga ada font yang memiliki tampilan visual yang begitu estetik untuk yang biasanya digunakan untuk keperluan seni ataupun desain grafis.

Ngomong-ngomong soal desain grafis, bagi kalian yang berkecimpung di dalamnya, pasti sudah tidak asing dengan kegiatan pasang memasang font di komputer kalian. Font yang tersedia pada komputer saja sebenarnya tidaklah cukup karena kurang bervariasi untuk kebutuhan desain. Makanya, pastinya seorang desainer grafis akan mencari font yang lebih cocok digunakan untuk desain grafis yang dibuatnya.

Bagi kalian yang ingin mencari font komputer untuk suatu keperluan, ada baiknya kalian cobalah untuk mengunjungi lima situs penyedia font dibawah ini. Selain downloadnya yang mudah, lima situs penyedia font dibawah ini juga menyediakannya secara gratis untuk kalian. Berikut rekomendasi 5 situs penyedia font gratis yang ada di internet:

1. DaFont

Tampilan Situs DaFont [Sumber : Dok. Pribadi/Ibnuh Sulaiman]
Tampilan Situs DaFont [DocPribadi/Ibnuh Sulaiman]

Situs pertama adalah situs DaFont. Situs ini menyediakan banyak sekali koleksi font yang ada di dalamnya. Selain itu, kalian bisa mencari font yang kalian butuhkan dengan kategori font yang tersedia di DaFont. Contohnya Font Jenis Fancy, Foreign Look, Techno, Script, Bitmap, Gothic, Basic, Dingbats, dan Holiday.

Jika kalian butuh font dengan nuansa seperti tulisan tangan, kalian bisa langsung pilih varian Script. Atau butuh font dengan bahasa tertentu seperti Arab atau Jepang, kalian tinggal pilih varian yang Foreign Look.

Pada situs DaFont ini juga tertera lisensi fontnya. Jadi tidak semua font yang ada di situs ini gratis dan bisa digunakan secara bebas. Ada beberapa lisensi yang perlu kalian perhatikan pada situs DaFont ini. Yakni ada lisensi Public Domain/GPL/OFL, 100% Free, Free for personal use, Donationware, Shareware, Demo, dan Unknown.

Jika kalian membutuhkan font yang bisa digunakan untuk kebutuhan desain komersial, saya sarankan pilihlah font dengan lisensi Public Domain/GPL/OFL dan 100% Free saja pada situs DaFont. Sebab, jika menggunakan font diluar kedua lisensi tersebut, kemungkinan besar desain kalian bisa terkena hak cipta. Namun untuk memastikan kembali, kalian harus membaca detail deskripsi font tersebut. Kalian bisa mampir ke DaFont lewat link ini https://www.dafont.com/

2. Google Font

Tampilan Situs Google Font [Sumber : Dok. Pribadi/Ibnuh Sulaiman]
Tampilan Situs Google Font [DocPribadi/Ibnuh Sulaiman]

Situs kedua adalah Google Font. Yap benar, situs ini memang resmi dari Google langsung. Situs Going Font ini menyediakan koleksi font yang tersedia yang siap diunduh oleh kalian. Kategori font yang disediakan oleh situs ini ada berupa Serif, Sans Serif, Display, Handwriting, dan Monospace. Situs ini pula menyediakan font dengan bahasa khusus seperti Arabic, Bengali, Chinese, Greek, Korean, Japanese, Latin, Tamil, Vietnamese, dan lain-lainnya.

Soal lisensi font yang ada pada Google Font ini kalian tidak perlu khawatir. Sebab semua font koleksi dari Google Font berlisensi Apache ataupun OFL. Jadi dengan lisensi tersebut kalian tidak perlu khawatir menggunakannya untuk keperluan desain komersial maupun keperluan pribadi kalian. Kalian bisa mengunjungi situs Google Font lewat link ini https://fonts.google.com

3. FontSpace

Tampilan Situs FontSpace [Sumber : Dok. Pribadi/Ibnuh Sulaiman]
Tampilan Situs FontSpace [DocPribadi/Ibnuh Sulaiman]

Situs keempat adalah FontSpace. FontSpace disini merupakan situs yang juga menyediakan font secara gratis untuk kalian. Koleksi font yang ada di situs ini terbilang sangat banyak. Mungkin ada sekitar belasan ribu koleksi font yang ada di situs FontSpace ini. Namun, walaupun koleksi fontnya hingga ada belasan ribu, situs ini tidak mengkategorikan setiap font yang tersedia disana, tidak seperti DaFont ataupun Google Font. Jadi kalian mungkin perlu ekstra waktu untuk mencari font di situs FontSpace.

Untuk lisensi font yang ada di FontSpace ini ada yang berlisensi Free for Personal Use dan 100% Free. Untuk mendapatkan daftar font yang tercatat 100% Free di FontSpace ini, kalian perlu mencentang opsi Commercial-use. Namun, agar lebih memastikan kembali font yang ditampilkan FontSpace ini benar-benar untuk komersial, kalian bisa klik font yang diinginkan lalu bacalah detail deskripsi font yang ditulis oleh pembuat font tersebut. Kalian bisa mengunjungi situs FontSpace lewat link berikut ini https://www.fontspace.com

4. FONT Repo

Tampilan Situs FONT Repo [Sumber : Dok. Pribadi/Ibnuh Sulaiman]
Tampilan Situs FONT Repo [DocPribadi/Ibnuh Sulaiman]

Situs ketiga adalah FONT Repo. Situs ini hampir sama dengan Font Space di atas tadi, yakni sama-sama menyediakan Font gratis untuk kalian. Berdasarkan keterangan dari situsnya sendiri, FONT Repo memiliki koleksi hingga 300.000 font yang tersedia. FONT Repo menyediakan kategori varian font pada situsnya layaknya DaFont tadi. Ada font dengan jenis Fancy, Script, Techno, Bitmap, Basic, Decorative, Various, Distorted, Brush, Curly, Handwritten, Square, dan lain-lainnya.

FONT Repo juga menyertakan kategori font seperti 100% Free, Free for personal use, Donationware Fonts, Demo, Shareware, dan Public domain/GPL /OFL. Seperti biasa pastikan pilih yang 100% Free atau Public domain/GPL /OFL jika untuk kebutuhan desain komersial kalian. Kalian bisa mengunjungi situs FONT Repo ini lewat link berikut ini https://www.fontrepo.com

Nah, itulah tadi rekomendasi 4 situs penyedia font gratis di internet. Walaupun tersedia gratis, ingatlah bahwa kalian tidak boleh asal download dari keempat situs tadi. Sebab, masing-masing font punya lisensinya tersendiri. Usahakan pilih yang font yang tertulis dengan lisensi 100%, Public domain, atau OFL demi keamanan jikalau kalian menggunakannya seperti kegiatan desain komersial dan lainnya yang melibatkan penjualan. Menurut kalian, situs font gratis apalagi yang ada di Internet selain keempat situs yang disebutkan di atas ? Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak