facebook

4 Fakta Tunisia, Negara Paling Utara di Benua Afrika

Ahmad Irfan Ramadhan
4 Fakta Tunisia, Negara Paling Utara di Benua Afrika
Peta dan Bendera Tunisia.(Unsplash.com/MarkRubens)

Tunisia adalah negara yang terletak di bagian utara benua Afrika. Ibukota Tunisia adalah Tunis. Tunisia adalah negara paling utara di Benua Afrika. Bahasa resmi Tunisia adalah bahasa Arab. Mayoritas agama yang dianut oleh penduduk Tunisia adalah Islam. Tunisia memiliki beragam fakta dan keunikan yang hanya dapat dijumpai di negara ini.

Menyadur dari bigseventravel.com berikut ini adalah 4 fakta negara Tunisia.

1. Kota kuno Kartago berada di Tunisia

Kartago pernah menjadi pusat perdagangan luas yang mencakup seluruh Mediterania. Didirikan pada abad ke-9 SM, kota kuno yang hebat ini pernah menyaingi Roma. Orang Fenisia memilih lokasi tersebut karena lokasinya yang sentral di Teluk Tunis dan ditutupi dengan perbukitan rendah serta didukung oleh keberadaan Danau Tunis. 

2. Dahulunya Tunisia adalah wilayah yang tertutup oleh hutan

Tunisia merupakan rumah bagi gurun terbesar di dunia. Gurun Sahara terbentang sebesar 8.600.000 km persegi (3.320.000 mil persegi), meliputi sebagian besar Afrika Utara termasuk Tunisia Selatan. Namun tahukah Anda bahwa kawasan ini dulunya tertutup hutan dan sabana? Sekitar 8.000 tahun yang lalu, pada akhir zaman es terakhir, gurun Sahara muncul dan menyebar ke seluruh wilayah.

3. Tunis adalah salah satu kota Islam terbesar dan terkaya

Dari abad ke-12 sampai abad ke-16, Tunis menjadi salah satu kota Islam terkaya dan terbesar di dunia. Jantung kota yang bersejarah, Medina of Tunis yang sekarang menjadi situs warisan dunia UNESCO memiliki sekitar 700 monumen termasuk istana, masjid, mausoleum, air mancur, dan madrasah yang membuktikan masa lalu yang masyhur ini. Beberapa monumen yang paling terkenal adalah Masjid Zitouna, Masjid Kasbah, Masjid Youssef Dey, Gerbang Bab Jedid, Gerbang Bab Bhar, Souq el-Attarine, Dar el-Bey, Souqs ech-Chaouachia, barak militer El Attarine, dan Zaouia of Sidi Mehrez.

4. Tunisia memiliki titik paling utara di Afrika

Cape Angela dianggap sebagai titik paling utara Afrika. Tanjung berbatu yang terletak di Bizerte ini mendapatkan gelar ini pada tahun 2014. Sebelumnya, Ras Ben Sakka adalah titik paling utara benua Afrika. Kota paling utara di Afrika adalah Bizerte yang terletak 65 km di utara ibukota Tunis. Kota ini merupakan salah satu pemukiman tertua yang diketahui di Tunisia.

Itulah tadi 4 fakta negara Tunisia. Bagaimana apakah Anda tertarik mengunjungi negara ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak