facebook

4 Fakta Namibia, Negara Ini Memiliki Populasi Cheetah Terbesar di Dunia

Ahmad Irfan Ramadhan
4 Fakta Namibia, Negara Ini Memiliki Populasi Cheetah Terbesar di Dunia
Peta dan Bendera Namibia (Unsplash.com/pawel.gaul)

Namibia adalah negara yang terletak di bagian selatan Benua Afrika. Ibu kota Namibia adalah Windhoek. Namibia adalah rumah bagi gurun tertua di dunia, Gurun Namib.

Dahulunya, Namibia adalah salah satu negara jajahan Inggris dan sekarang tergabung dalam anggota commonwealth (negara persemakmuran Inggris). Tak heran jika Bahasa Inggris dijadikan bahasa resmi di negara ini.

Meskipun demikian, hanya sekitar 3 persen penduduk Namibia yang berbicara Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Bahasa yang paling banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah Bahasa Oshiwambo.

Namibia memiliki beragam fakta dan keunikan yang terdapat disini. Menyadur dari bigseventravel.com berikut ini adalah 4 fakta negara Namibia.

1. Hampir setengah dari wilayah negara dilindungi

Namibia melakukan konservasi dengan serius. Faktanya, Namibia adalah negara pertama yang memasukkan perlindungan dan pengelolaan lingkungan ke dalam konstitusinya.

Lebih dari 40 persen wilayah negara ini berada di bawah pengelolaan konservasi. Namibia adalah satu-satunya negara di Afrika di mana jumlah populasi satwa seperti cheetah, singa, zebra, kijang, dan badak berkembang pesat.

Hal ini merupakan sesuatu yang mengesankan mengingat satwa liar di negara ini hampir punah pada tahun 1980-an karena kekeringan, perburuan, dan perang.

2. Namibia memiliki populasi cheetah terbesar di dunia

Namibia adalah negara yang memiliki populasi cheetah terbesar di seluruh dunia. Namibia adalah tempat tinggal bagi 3.000 cheetah. Taman Nasional Etosha adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat hewan ini.

3. Namibia memiliki gurun tertua di dunia

Gurun Namib di Namibia telah ada sejak 80 juta tahun lalu. Gurun ini adalah gurun tertua di dunia. Beberapa hewan dan tumbuhan berhasil beradaptasi disini meskipun iklimnya tidak bersahabat.

4. Namibia adalah salah satu tempat yang seringkali digunakan untuk syuting film Hollywood

Gurun Namibia yang indah, sunyi, dan fantastis menjadi latar belakang yang sempurna untuk beberapa film blockbuster terbesar Hollywood. Beberapa film paling terkenal yang pernah syuting disini adalah Flight of the Phoenix, Mad Max: Fury Road, 2001: A Space Odyssey, dan Samsara.

Itulah tadi 4 fakta negara Namibia. Bagaimana, apakah Anda tertarik mengunjungi negara ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak