facebook

5 Tips Menentukan Kampus Pilihan Setelah Gagal SBMPTN

Desyta Rina Marta Guritno
5 Tips Menentukan Kampus Pilihan Setelah Gagal SBMPTN
Ilustrasi Mahasiswa (Pixabay/silviarita)

Halo pejuang PTN yang masih berjuang sampai saat ini, harus tetap semangat ya. Yakin bahwa apapun hasilnya, kamu sudah melakukan yang terbaik, jadi sudah pasti hasilnya juga yang terbaik. Masih mau mencoba lagi kan? Ada beberapa jalur yang masih bisa kamu coba, seperti seleksi mandiri universitas. Nah, karena ini sudah mulai memasuki masa-masa akhir penerimaan mahasiswa, coba perhatikan beberapa hal dibawah ini sebelum menentukan pilihan, ya.

1. Evaluasi

Setelah daftar disana-sini dan ternyata belum membuahkan hasil, tentu kamu sudah bisa melakukan evaluasi. Belajar dari kesalahan dan pengalaman, untuk kedepannya kamu bisa nih mengambil ancang-ancang lebih matang. Suatu hal yang dulu belum maksimal, cobalah untuk memaksimalkannya kali ini.

2. Tanyakan Pada Orang yang Paham dan Terpercaya

Sebelum mengambil keputusan lagi, coba konsultasikan lagi pada orang yang menurutmu paham dan bisa dipercaya perihal pendaftaran universitas. Bertanya pada kakak kelas atau saudara yang sudah kuliah merupakan salah satu pilihan terbaik.

3. Turunkan Ego

Kalau sebelumnya kamu merasa terlalu menuruti ego, cobalah kali ini kamu belajar untuk menurunkannya. Ingat ini adalah kesempatan terakhir, kalau sampai meleset lagi maka kamu harus mau cuti satu tahun. Maka dari itu menuruti ego atau gengsi semata bukanlah jalan keluar yang tepat untuk situasi seperti ini.

4. Ketahui Kemampuan Diri Sendiri

Kelanjutan dari evaluasi, dari pengalaman sebelumnya, kamu perlu mengetahui lebih dalam tentang seberapa kemampuan dirimu. Hanya kamu yang bisa menentukan dimana tempat yang sepadan dengan kemampuanmu itu. Kalau kamu merasa yakin dengan kemampuanmu maka cobalah untuk mendaftar ke jurusan yang kamu inginkan.

5. Pertimbangkan Biaya

Satu hal yang tak kalah penting yakni biaya, sejauh ini sudah seberapa banyak biaya yang sudah kamu keluarkan? Kamu harus bisa memperhitungkannya agar tidak terbuang sia-sia. Meskipun tujuannya baik, tapi kalau kita bisa memperhitungkan jadi lebih baik lagi kan?

Itulah 5 tips menentukan pilihan setelah tidak lolos SBMPTN, untuk sampai di tahap ini kamu sudah melakukan segala yang kamu bisa, tetap semangat dan semoga sukses!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak