facebook

5 Fakta Mauritius, Negara dengan Kepadatan Penduduk Tertinggi di Afrika

Ahmad Irfan Ramadhan
5 Fakta Mauritius, Negara dengan Kepadatan Penduduk Tertinggi di Afrika
Peta dan Bendera Mauritius (Unsplash.com/Pawel Gaul)

Mauritius adalah negara yang terletak di Afrika Timur. Ibukota Mauritius adalah Port Louis. Dahulunya Mauritius adalah salah satu negara jajahan Inggris dan sekarang tergabung ke dalam anggota negara persemakmuran Inggris (commonwealth), tak heran jika salah satu bahasa resmi negara ini adalah bahasa Inggris. Mauritius terkenal karena destinasi wisatanya yang spektakuler. Negara ini seringkali dikunjungi oleh turis terutama turis asing pada saat musim liburan. Mauritius memiliki beragam fakta dan keunikan yang hanya dapat dijumpai di negara ini. Menyadur dari bigseventravel.com berikut 5 fakta negara Mauritius.

1. Belanda, Prancis, dan Inggris pernah menduduki negara ini

Belanda pertama kali mengklaim dan memberi nama pulau ini Mauritius pada tahun 1638. Belanda menduduki Mauritius sampai tahun 1710 ketika Prancis merebut wilayah tersebut. Prancis mengubah nama pulau ini menjadi Isle de France. Hal ini tidak berlangsung terlalu lama karena pasukan Inggris menginvasi pulau itu pada tahun 1810. Inggris mengembalikan nama aslinya yaitu Mauritius. Negara ini menjadi kolonial Inggris hingga mencapai kemerdekaan pada tahun 1968. Bahasa Inggris dan bahasa Prancis adalah bahasa resmi di negara ini. 

2. Mauritius memiliki lebih dari satu pulau

Negara ini memiliki pulau utama Mauritius, Rodrigues, dan pulau-pulau lainnya seperti Cargados Carajos Shoals, dan Kepulauan Agalega.

3. Mauritius memiliki kepadatan penduduk tertinggi di Afrika

Mauritius memiliki populasi 1,3 juta orang yang tinggal pada luas 790 mil persegi. Negara ini merupakan salah satu negara yang memiliki kepadatan penduduk tertinggi di dunia dengan 1.634 orang per mil persegi. Hanya Monaco, Singapura, Bahrain, Bangladesh, dan Malta yang lebih tinggi jumlahnya.

4. Mauritius adalah negara yang dikelilingi oleh terumbu karang

Hampir seluruh wilayah Mauritius dikelilingi oleh laguna yang dilindungi oleh terumbu karang dan menjadikannya sebagai salah satu yang terbesar di dunia. Tak heran jika tempat ini menjadi salah satu tujuan paling populer di dunia untuk snorkeling dan menyelam.

5. Mauritius adalah salah satu negara paling damai di dunia

Menurut laporan Indeks Perdamaian Global, Mauritius adalah negara paling damai di dunia dalam hal konflik yang sedang berlangsung. Hal ini juga menjelaskan alasan Mauritius sebagai salah satu negara di dunia yang tidak memiliki tentara tetap.

Itulah tadi 5 fakta negara Mauritius. Bagaimana, apakah Anda tertarik mengunjungi negara ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak