facebook

5 Fakta Rusia, Negara Terbesar di Dunia Berdasarkan Luas Wilayah

Ahmad Irfan Ramadhan
5 Fakta Rusia, Negara Terbesar di Dunia Berdasarkan Luas Wilayah
Peta dan Bendera Rusia (Unsplash.com/MarkRubens)

Rusia adalah negara yang membentang luas di bagian Eropa Timur dan Asia Utara. Ibu kota Rusia adalah Moskow. Rusia dikenal sebagai negara terbesar di dunia berdasarkan wilayah.

Bahasa resmi negara ini adalah Bahasa Rusia. Rusia memiliki beragam destinasi wisata yang sering kali dikunjungi oleh para turis terutama turis asing.

Rusia memiliki beragam fakta dan keunikan yang hanya dapat dijumpai di negara ini. Menyadur dari laman Bigseventravel berikut ini adalah 5 fakta negara Rusia.

1. Rusia adalah negara terbesar di dunia

Rusia menempati hampir sepersepuluh bagian dari seluruh daratan di dunia. Rusia adalah negara terbesar di dunia berdasarkan wilayah. Negara ini mencakup wilayah Eropa Timur dan Asia Utara serta memiliki garis pantai di sepanjang tiga samudra. Samudra Atlantik, Pasifik, dan Arktik.

2. Rusia berbatasan dengan 14 negara

Perbatasan darat Rusia terbentang sepanjang 20.241 km, terpanjang kedua di seluruh dunia. Rusia memiliki perbatasan dengan 14 negara, yaitu Norwegia, Finlandia, Estonia, Latvia, Belarus, Ukraina, Georgia, Azerbaijan, Kazakhstan, Mongolia, Republik Rakyat Cina, dan Korea Utara.

Rusia juga berbatasan dengan Lithuania dan Polandia di wilayah Oblast Kaliningrad. Wilayah ini terpisah dari daratan utama Rusia.

3. Rusia memiliki zona waktu terbanyak dalam satu negara di seluruh dunia

Rusia awalnya memiliki 11 zona waktu dari Kaliningrad Oblast (GMT+2) hingga Kamchatka (GMT+12). Namun, pada 2011 Vladimir Putin menghapus Daylight Saving Time (DST) di seluruh wilayah Rusia. Hal ini menyebabkan dua zona waktu terhapus. Oleh karena itu, sejak 2011 hanya ada 9 zona waktu yang digunakan di Rusia.

4. Rusia memiliki sungai terpanjang di Eropa

Dengan panjang 3.530km (2.193 mil), Volga adalah sungai terpanjang di Rusia dan Eropa. Sungai ini dimulai di Perbukitan Valdai dan mengalir ke Laut Kaspia. Sungai ini memiliki 200 anak sungai.

5. Rusia memiliki danau terdalam di dunia

Di Siberia terdapat Danau Baikal. Danau Baikal adalah danau air tawar terbesar (berdasarkan volume) di dunia dan juga danau terdalam di dunia (1.700 meter). Danau ini juga merupakan danau tertua (25 juta tahun) di dunia. Danau ini juga tercatat ke dalam situs warisan dunia UNESCO.

Itulah tadi 5 fakta negara Rusia. Bagaimana, apakah Anda tertarik mengunjungi negara terbesar di dunia ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak