facebook

5 Fakta China, Negara Terbesar di Dunia Berdasarkan Jumlah Penduduk

Ahmad Irfan Ramadhan
5 Fakta China, Negara Terbesar di Dunia Berdasarkan Jumlah Penduduk
Peta dan Bendera China (Unsplash.com/MarkRubens)

China atau Tiongkok adalah salah satu negara yang terletak di Asia Timur. Ibu kota China adalah Beijing. China adalah negara terbesar di dunia berdasarkan jumlah penduduk. Sekitar 1,44 miliar orang tinggal di negara ini.

Bahasa resmi negara China adalah Mandarin. Bahasa Mandarin adalah bahasa dengan jumlah penutur asli terbanyak di dunia.

China memiliki beragam fakta dan keunikan yang hanya dapat dijumpai di negara ini. Menyadur dari laman Bigseventravel, berikut ini adalah 5 fakta negara China.

1. China adalah negara terbesar di dunia berdasarkan jumlah penduduk

China adalah tempat tinggal bagi sekitar 1,44 miliar orang. Hal ini menjadikannya negara terbesar di dunia berdasarkan jumlah penduduk. China memiliki lebih banyak penduduk dibandingkan Amerika Selatan, Eropa (tidak termasuk Rusia), gabungan Amerika Serikat, Kanada, Australia, dan Selandia Baru.

2. China memiliki wilayah zona waktu tunggal terbesar di dunia

China adalah negara terbesar keempat berdasarkan wilayah di dunia. Namun, negara ini hanya memiliki satu zona waktu. China pernah memiliki lima zona waktu yang digunakan dari tahun 1912 hingga 1949. Akan tetapi, saat ini seluruh wilayah negara secara resmi menggunakan waktu Beijing.

3. Teh berasal dari China

Legenda mengatakan bahwa pada tahun 2732 SM seorang pelayan sedang merebus air untuk Kaisar Shen Nong. Tanpa sepengetahuan pelayan tersebut, daun dari pohon liar jatuh ke dalam air mendidih.

Ketika Kaisar meminum air itu, dia menyukai rasanya yang enak dan sejak saat itu ia sering memasukkan daun tersebut ke dalam air panasnya dan terciptalah yang namanya teh.

4. China memiliki bangunan terpanjang buatan manusia di dunia

Dengan panjang sekitar 13.170 mil (21.196 km), Tembok Besar China (Great Wall of China) adalah bangunan terpanjang buatan manusia di dunia.

Tembok Besar China berusia lebih dari 2.300 tahun dan dibangun selama berabad-abad oleh enam dinasti China yang berbeda. Tembok ini juga merupakan salah satu situs warisan dunia UNESCO dan masuk ke dalam tujuh keajaiban dunia.

5. China adalah salah satu peradaban tertua di dunia

China adalah salah satu dari empat peradaban kuno bersama dengan Mesir Kuno, Mesopotamia, dan India Kuno. China memiliki sejarah selama 3.500 tahun.

Itulah tadi 5 fakta negara China. Bagaimana, apakah Anda tertarik mengunjungi negara ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak