facebook

Wajib Icip! 5 Kuliner Khas Situbondo

Riski Je
Wajib Icip! 5 Kuliner Khas Situbondo
Kuliner Khas Situbondo (instagram/@stevenhans95)

Kabupaten Situbondo yang masuk dalam daerah Tapal Kuda di Provinsi Jawa Timur tak hanya memiliki beragam eksotisme wisata alam, namun juga diperkaya dengan kulinernya yang menggugah selera makan.

Jika kamu sedang mampir di daerah Bumi Shalawat Nariyah ini, pastikan untuk mencoba rekomendasi kuliner di Situbondo di bawah ini ya!

1. Tajin Palappa

Kuliner khas Situbondo (twitter.com/yasmineutami)
Kuliner khas Situbondo (twitter.com/yasmineutami)

Tajin palappa merupakan bubur yang disiram dengan bumbu kacang di atasnya. Bumbu kacangnya terdiri dari kacang tanah, petis, dan bumbu penyedap. Sementara, untuk toppingnya ada rebusan tauge, kangkung, tahu, dan hongkong (ote-ote).

Kuliner yang paling tersohor ini memiliki cita rasa gurih, asin, manis dengan aroma bumbu kacang yang kuat, semakin mantap jika disantap dengan kerupuk. Kuliner yang satu ini biasa disantap sebagai menu sarapan.

2. Nasi Karak

Kuliner khas Situbondo (instagram/@pintudapur_bundashinta
Kuliner khas Situbondo (instagram/@pintudapur_bundashinta

Nasi karak terbuat dari nasi yang dicampur bersama parutan kelapa dan garam. Menu pendampingnya ada ikan tongkol, tahu, dan tempe yang dimasak bumbu kuah merah. Menu sederhana ini sangat nikmat dan memiliki banyak penggemar.

3. Nasi Sodu

Kuliner khas Situbondo (instagram/@hadiverry)
Kuliner khas Situbondo (instagram/@hadiverry)

Nasi sodu merupakan kuliner khas dari Kecamatan Asembagus. Menu sarapan yang satu ini terdiri dari rebusan labu, ikan tongkol, sambal tauge muda dan timun yang disiram dengan kuah santan. Biasanya nasi sodu disajikan di atas daun pisang.

4. Lontong Ceker

Kuliner khas Situbondo (facebook.com/lisa.agam.3)
Kuliner khas Situbondo (facebook.com/lisa.agam.3)

Pecinta ceker? Kamu harus coba menu yang satu ini! Kuliner ini terdiri dari bumbu kacang yang dihaluskan bersama petis ikan. Irisan lontong dan bihun disajikan dalam piring. Lalu kuah soto yang berisi ceker dituang dan disiram bumbu kacang yang sudah halus serta diberi kecambah goreng di atasnya. Walau sederhana, rasanya sangat gurih dan cukup unik.

5. Nasi Kaldu

Kuliner khas Situbondo (instagram/@rizkarchma)
Kuliner khas Situbondo (instagram/@rizkarchma)

Nasi kaldu berbahan dasar daging kambing yang dimasak dengan rempah-rempah dan kacang hijau selama kurang lebih 2 jam. Kuahnya sedikit kental dan berwarna kecokelatan. Tak lupa di atasnya juga ditaburi bawang goreng.

Rasanya gurih dan teksturnya cukup unik karena dimakan bersama kacang hijau. Jika ingin merasakan sensasi rasa segar, kamu bisa menambahkan perasan jeruk nipis. Nasi kaldu biasanya juga disantap dengan hidangan pendamping seperti sate kambing agar rasanya semakin maknyus.

Itulah rekomendasi kuliner di Situbondo. Jika kamu sedang mampir ke Situbondo, jangan lupa coba makanan tersebut yaa.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak