facebook

Menikmati Keindahan Bawah Laut Pulau Pagang, Sekalian Cosplay Mermaid Nih!

Priscilla Olga Salim
Menikmati Keindahan Bawah Laut Pulau Pagang, Sekalian Cosplay Mermaid Nih!
Snorkeling di Pulau Pagang (dok.pribadi/Priscillaolga)

Kota Padang selain terkenal dengan kulinernya yang lezat dan mendunia ternyata juga menyimpan potensi wisata alam yang indah. Posisi geografis Kota Padang yang terletak di pesisir pantai Barat pulau Sumatera menjadikan Kota Padang memiliki potensi wisata bahari yang luar biasa.

Banyak pantai dan pulau pulau kecil yang indah yang berada disana, salah satu rekomendasi wisata Kota Padang adalah Pulau Pagang. Lokasi Pulau Pagang, secara administrasi masuk dalam Nagari Sungai Pinang, kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. Akses menuju pulau itu  dapat ditempuh dari:

  • Pelabuhan Muaro Kota Padang dengan jarak 21,5 km dengan boat/ perahu kurang lebih 1 jam
  • Pelabuhan Bungus Teluk Kabung dengan jarak 15 km kurang lebih 40 menit
  • Pelabuhan Carocok Tarusan Pesisir Selatan dengan jarak 14 km kurang lebih 30 menit.

Selain dari ketiga pelabuhan tadi kita juga dapat mengunjungi pulau Pagang dari kawasan wisata Mandeh, desa Sungai Pinang, Pulau Cubadak ataupun dari kota Painan Pesisir Selatan. Banyaknya akses menuju pulau itu akan mempermudah kita mengunjungi pulau tersebut.

Keindahan pulau Pagang terletak pada pantainya yang berpasir putih, air lautnya yang biru ,terumbu karang yang terjaga juga kondisi pulau yang masih alami. Kita dapat melakukan berbagai aktivitas wisata bahari disana seperti: Sun Bathing, Snorkeling, Diving, ataupun permainan air lainnya seperti Banana Boat dll.

Dari sekian banyak kegiatan yang dapat dilakukan di Pulau Pagang, Snorkeling adalah juaranya. Ratusan ikan tanpa malu-malu siap menghampirimu. Ibarat sudah terlatih, ikan-ikan di Pulau Pagang tidak menjauh saat ada manusia. Siapkan kamera underwatermu untuk eksis bersama sahabat-sahabat nemo. Apabila ingin ikan lebih banyak berdatangan, sedikit tips buatmu untuk membawa roti kering. Menggemaskan sekali melihat ikan-ikan saling berebutan roti. Tapi pastikan rotinya tidak berminyak ya. Jangan sampai kita mencemari alam yang indah ini. 

Lelah berenang seharian, Pulau Pagang juga memiliki fasilitas pondok wisata cottage sebanyak 3 unit, 9 kamar. Selain itu ada Gazebo yang disediakan sebanyak 4 unit. Pulau ini juga bagus untuk tempat berkemah bagi para pencinta alam. Banyak agen wisata yang menawarkan paket tour ke pulau-pulau di sekitaran Kota Padang. Untuk biaya yang dikeluarkan paket wisata one day trip kita akan dikenakan biaya sekitar Rp 275.000 per orang, berangkat dari pelabuhan Bungus dan dapat mengunjungi pulau pulau kecil lainnya sebanyak 3 pulau.

Tertarik untuk mencoba? 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak