Masjid Quba, 6 Fakta Salah Satu Masjid Tertua di Dunia

Riski Je
Masjid Quba, 6 Fakta Salah Satu Masjid Tertua di Dunia
Masjid Quba (pixabay.com/Konevi)

Siapa yang tak kenal Masjid Quba? Masjid yang terletak di Kota Madinah, Arab Saudi ini merupakan salah satu masjid bersejarah bagi Umat Islam. Masjid Quba banyak dikunjungi oleh jemaah umroh maupun haji dari seluruh dunia karena sarat akan sejarah dan keindahan bangunannya. Masjid Quba berada 5 KM dari pusat Kota Madinah, tepatnya di perkampungan Quba, yang menjadi nama masjid ini.

Berikut enam fakta Masjid Quba yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Masjid Pertama Umat Islam

Masjid yang didirikan pada tahun pertama kalender Hijriah atau 622 Masehi ini merupakan masjid pertama dalam sejarah Islam yang dibangun oleh Nabi Muhammad setelah hijrah dari Mekkah ke Madinah. Pondasi bangunan Masjid Quba diletakkan langsung oleh Nabi Muhammad kemudian pembangunannya dilanjutkan oleh para sahabat. 

2. Tempat Salat Jumat Pertama Dilaksanakan

Dalam perjalanan hijrah menuju Madinah, Nabi Muhammad singgah beberapa hari di Quba. Selain membangun masjid, beliau juga melaksanakan perintah pertama untuk salat jumat. Nabi Muhammad memimpin langsung salat jumat pertama berjemaah bersama para sahabat di Masjid Quba ketika Masjid Al-Aqsa masih menjadi arah kiblat saat itu.

3. Awalnya Tempat Menjemur Kurma

Selama singgah di Quba, Nabi Muhammad tinggal di rumah Kultsum bin Hadam. Tanah lapangan yang dijadikan Masjid Quba tersebut juga milik Kultsum bin Hadam yang awalnya biasa digunakan untuk tempat menjemur kurma.

4.  Keutamaan Masjid Quba

Masjid Quba memiliki keutamaan yang sangat besar bagi siapapun yang salat di dalamnya. Seperti yang tertera dalam salah satu riwayat hadits dari Sunan Ibnu Majah, Nabi Muhammad bersabda bahwa “Barangsiapa yang bersuci di rumahnya lalu mendatangi Masjid Quba dan salat 2 rakaat di dalamnya, maka akan mendapatkan pahala umrah”.

5. Sering Dikunjungi Nabi Muhammad 

Beberapa sumber menyatakan bahwa walau Nabi Muhammad telah pindah ke Madinah, beliau masih rutin mengunjungi dan salat di Masjid Quba kadang dengan berjalan atau menunggangi kuda setiap sabtu.

6. Masjid Terbesar Ke 2 di Dunia

Masjid yang pada zaman Nabi Muhammad hanya memiliki luas 1.200 meter persegi yang sederhana. Dindingnya hanya tanah niat, tiangnya dari pohon kurma, dan atapnya terbuat dari pelepah kurma.  Kini, luas kawasannya sudah sekitar 5.035 meter persegi dengan memiliki 7 pintu masuk utama, 12 pintu masuk kecil, 4 menara putih tinggi menjulang, dan 56 kubah kecil yang mengelilingi masjid sebagai pembatas. Kemegahan Masjid Quba tersebut membuatnya masuk dalam jajaran masjid terbesar ke dua di dunia yang mampu menampung hingga 20.000 jemaah. Rencananya, masjid ini akan kembali diperluas dan diperkirakan dapat menampung sebanyak 66.000 jemaah.

Masjid Quba menyimpan sejarah penting bagi Islam, banyak umat Muslim yang berharap dapat mengunjunginya setidaknya sekali dalam seumur hidup. Tertarik untuk mengunjungi dan salat dua rakaat di masjid ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak