Air Terjun Ngungun Saok, Surga Tersembunyi Para Petualang di Kota Padang

Priscilla Olga Salim
Air Terjun Ngungun Saok, Surga Tersembunyi Para Petualang di Kota Padang
Air Terjun Ngungun Saok (Instagram.com/sumbarholiday_)

Air Terjun Ngungun Saok layak dinobatkan sebagai hidden gem Kota Padang. Terletak di puncak perbukitan di Kecamatan Lubuk Minturun, Kota Padang yang memang terkenal sebagai lumbung perairan yang jernih dan bersih di Kota Padang.

Berada di wilayah hutan lindung yang sangat terjaga pepohonannya dan sangat asri. Untuk sampai ke lokasi memang dibutuhkan sedikit perjuangan dan kesabaran. Pengunjung harus melewati tanah berbatu, walaupun masih dapat dilalui oleh kendaraan roda 2 dan 4.

Perjuangan dimulai dari tempat parkir yang dikelola pemuda setempat, kita harus berjalan lagi untuk menaklukan tebing 80 derajat yang merupakan medan yang paling berat dari rute tersebut.

Tapi, perjalanan berat itu terbayar tuntas karena di sepanjang alirannya banyak keindahan dan kesejukan yang ditemui, puncaknya adalah goa dengan tebing batu dan Air Terjun Ngungun Saok. Kiri kanan jalan ditumbuhi pohon rindang serta bunga yang indah, sehingga sengatan matahari tidak leluasa menyinari jalan.

Bagaimana menuju lokasi Air Terjun Ngungun Saok?

Untuk sampai ke sana, para pengunjung tinggal mengambil rute jalan raya menuju Lubuk Minturun, sesampainya di pertigaan langsung belok kiri menuju permandian ABG kemudian terus lurus sampai habisnya jalan beraspal berganti dengan jalan berbatu.

Sekitar 2 menit berkendara sampailah kita di lokasi parkir yang menandakan perjalanan lanjutan harus ditempuh dengan berjalan kaki. Tak lama berselang kita akan menjumpai pos masuk yang dijaga pemuda setempat dan dipungut tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang.

Pemuda setempat telah memasang berbagai papan petunjuk arah yang memudahkan kita untuk sampai ke lokasi. Perjalanan naik turun bukit berlangsung cukup seru.

Setelah sampai di titik akhir untuk penurunan tebing batu pengunjung dibantu oleh tali yang telah dirancang untuk berpegangan agar bisa turun ke lokasi. Selain keheningan alam dan ciprat air yang terdengar, kita juga disuguhi dengan pemandangan tebing batu yang menjulang tinggi yang menambah keindahan lokasi.

Oh iya, hidden gem Kota Padang satu ini pernah dikunjungi oleh acara televisi My Trip My Adventure, lho. Wah keren banget ya, secara tidak langsung mereka telah mengakui keindahan air terjun ini dan aspek petualangan yang harus dijalani. Para pencinta adrenalin, ayo segera berkunjung. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak