Destinasi Terbaik di Dunia, 7 Eksotisme Studio Alam di Pulau Seribu Bukit

Riski Je
Destinasi Terbaik di Dunia, 7 Eksotisme Studio Alam di Pulau Seribu Bukit
ilustrasi keindahan Sumba (unsplash.com/febiyan)

Sumba yang berada di Nusa Tenggara Timur (NTT) masuk dalam jajaran 22 destinasi wisata terbaik di dunia untuk dikunjungi tahun 2022 kategori outdoor dan pantai versi majalah Conde Nest TravelLer.

Tak heran, hal ini dikarenakan sumba memiliki banyak sekali kekayaan budaya dan keindahan alam yang sudah banyak diakui oleh turis lokal maupun mancanegara. Wisata alam sumba didominasi oleh bukit, pantai, dan air terjun yang sangat indah.

Berikut 7 destinasi wisata alam Sumba yang wajib masuk daftar kunjunganmu.

1. Danau Weekuri

Weekuri Lagoon (instagram/@emiliamelly)
Weekuri Lagoon (instagram/@emiliamelly)

Laguna yang terletak di Kabupaten Sumba Barat Daya dan bersebelahan dengan Pantai Waikuri ini menawarkan eksotisme laguna yang sangat indah. Dikelilingi dengan tebing dan batuan, air pada laguna ini sangat jernih dengan gradasi warna biru, tosca, dan dasar laguna berpasir putih yang mengundang rasa untuk segera ingin berenang.

Terdapat jasa rakit untuk berkeliling danau. Pengunjung juga bisa menikmati kopi hangat, kelapa muda, dan souvenir oleh-oleh yang dapat dibeli langsung dari warung di sekitarnya.

Kamu juga dapat memanfaatkan jasa anak-anak lokal yang sebagian besar sudah handal untuk memotret dan mengarahkan ke spot foto yang keren. Jika ingin berenang jangan lupa minta rekomendasi dari mereka untuk mencarikan spot renang yang aman dari bulu babi.

2. Air Terjun Lapopu

Air terjun Lapopu (sumbabaratkab.go.id)
Air terjun Lapopu (sumbabaratkab.go.id)

Air terjun yang berada di kawasan Taman Nasional Matalawa, Sumba Barat ini airnya sangat jernih dengan bebatuan indah di sekelilingnya. Air terjun bertingkat yang  memiliki ketinggian 90 meter ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi wisatawan.

3. Air Terjun Tanggedu

Potret keseruan bersama keluarga di Air Terjun Tanggedu (instagram/@westnydj)
Potret keseruan bersama keluarga di Air Terjun Tanggedu (instagram/@westnydj)

Air terjun yang satu ini tak kalah keren dari wisata yang lain. Berada di Kabupaten Sumba Timur, selama perjalanan pengunjung akan dimanjakan dengan keindahan savana dan bukit yang menjulang. Dari parkiran kamu harus berjalan sekitar 30-40 menit untuk sampai ke spot air terjun.

Kecantikan air terjun ini masih sangat alami dan mempesona. Air birunya tampak sangat jernih dikelilingi dengan bebatuan. Pastikan untuk memakai alas kaki yang nyaman ya dan selalu berhati-hati ketika jalan, karena bebatuan disini cukup licin.

4. Bukit Wairinding

Bukit Wairinding (unsplash.com/febiyan)
Bukit Wairinding (unsplash.com/febiyan)

Salah satu destinasi perbukitan cantik ini berada di Kabupaten Sumba Timur. Jika berkunjung saat musim hujan kamu akan disambut dengan hamparan bukit berwarna hijau. Jika saat kemarau, kamu akan disambut dengan hamparan bukit dengan rumput kering. Pemandangannya akan semakin apik jika kamu berkunjung saat sunrise atau menuju sunset. Disini pengunjung juga dapat menikmati keindahan Wairinding dengan berkeliling menunggangi kuda.

5. Bukit Tanarara

Bukit Tanarara (instagram/@rezaphlv)
Bukit Tanarara (instagram/@rezaphlv)

Bukit lain yang dapat kamu singgahi di Kabupaten Sumba Timur ini menawarkan keindahan perbukitan yang lebih luas dari Bukit Wairinding. Sejauh mata memandang kamu akan disuguhi gugusan perbukitan dan lembah yang bersinergi dan terlihat sangatlah indah. Jangan lupa memakai sunblock ya untuk menghalau sengatan sinar matahari disini. Bukit dengan pemandangan terbaik di Sumba ini juga sering digunakan sebagai spot foto pre wedding.

6. Pantai Walakiri

Pantai Walakiri (unsplash.com/sutirta budiman)
Pantai Walakiri (unsplash.com/sutirta budiman)

Destinasi asal Kabupaten Sumba Timur yang sudah banyak dikenal ini memiliki panorama indah terutama saat sunset. Daya tarik terbesarnya adalah beberapa pohon bakau yang meliuk-liuk seperti sedang menari yang berada di sebelah barat pantai. Waktu terbaik untuk berkunjung adalah saat musim kemarau dan pastikan untuk menyesuaikan pasang surut air laut agar kamu dapat turun langsung mengabadikan momen.

7. Air Terjun Wai Marang

Air terjun Wai Marang (instagram/@kanarii_trekk)
Air terjun Wai Marang (instagram/@kanarii_trekk)

Air terjun yang berada di Sumba Timur dengan keindahan air kolam berwarna biru kehijauan jernih ini sudah terkenal di dunia maya. Untuk mencapai destinasi ini setidaknya kamu harus berjalan 1 KM dari area parkir. Air terjun ini cukup unik, karena bentuknya seperti kolam alami yang dikelilingi dengan tebing tinggi. Terdiri dari tiga tingkatan, biasanya pegunjung hanya sampai pada tingkat pertama karena akses ke tingkat dua dan tiga cukup susah.

Bagaimana? Tertarik untuk segera berlibur ke Sumba?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak