Mengenal Teh Talua, Minuman Penambah Tenaga asal Sumatera Barat

Priscilla Olga Salim
Mengenal Teh Talua, Minuman Penambah Tenaga asal Sumatera Barat
Teh Talua (Instagram/minangtourism)

Tak hanya dikenal dengan makanannya yang lezat seperti rendang, ayam gulai, dendeng, sate padang, dan banyak lagi. Sumatera Barat juga mempunyai satu minuman khas yang memiliki rasa yang lezat dan khasiat menambah tenaga nih. Namanya Teh Talua. Sesuai namanya, minuman ini merupakan teh yang dicampur dengan talua atau telur.

Konon katanya, Teh Talua hanya bisa dikonsumsi oleh kaum bangsawan. Teh Talua barulah menjadi minuman masyarakat umum setelah kebun teh di Sumatera Barat dikelola besar-besaran. Masyarakat Sumatera Barat biasanya mengkonsumsi teh Talua sebagai penambah tenaga. Teh Talua juga dipercaya baik untuk Kesehatan, khususnya untuk laki-laki. Selain itu Teh talua bisa memenuhi kebutuhan vitamin dalam tubuh seperti vitamin A, D, E, dan K dari kuning telur. Keberadaan zat karoteniod dalam Teh Talua juga bisa menjaga Kesehatan mata dan menjaga mata dari penyakit katarak.

Di manakah bisa mencicipi Teh Talua saat berkunjung ke Sumatera Barat?

Di setiap lapau, warung, hingga restoran yang berdiri di seluruh pelosok Sumatera Barat biasanya menjajakan Teh Talua sebagai salah satu pilihan menu minuman. Mulai dari ampera-ampera yang menjajakan nasi Padang di pinggir jalan, hingga restoran besar yang menjual makanan khas Minang biasanya memiliki menu satu ini.  

Teh Talua paling nikmat diminum dalam kondisi hangat. Biasanya minuman ini ditemani gorengan seperti pisang goreng sebagai pelengkap. Penduduk ranah Minang pada zaman dahulu, sering mengkonsumsi teh talua menjelang malam, sambil bercengkrama dengan sahabat terdekat.

Cara Membuat Teh Talua

Ada empat bahan utama yang perlu disiapkan untuk membuat Teh Talua, teh, telur, dan gula. Pertama-tama telur dipisahkan antara kuning dan putihnya. Bagian kuning telur yang akan digunakan untuk bahan utamanya. Kuning telur dimasukkan ke dalam gelas kaca bersamaan dengan gula pasir sebanyak dua sendok. Lalu dikocok hingga berubah warna menjadi putih. Pada zaman dahulu, orang menggunakan lidi yang diikat sebanyak 20 buah.

Setelahnya air teh yang mendidih dituangkan ke dalam telur hasil kocokan. Kocokan telur akan naik ke atas, sehingga teh talua terlihat seperti minuman kekinian dalgona yang memiliki dua lapisan. Beberapa pelengkap biasanya ditambahkan untuk menambah nikmat rasa Teh Talua, bisa berupa susu kental manis, bubuk cokelat, jeruk nipis, dan rempah-rempah.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak