6 Bangunan Tinggi dengan Arsitektur Unik di Indonesia, Jadi Ikon Daerah

Rahmat Asyura
6 Bangunan Tinggi dengan Arsitektur Unik di Indonesia, Jadi Ikon Daerah
Bangunan gama tower (instagram.com/fakhri_nur24)

Hutan beton menjadi julukan bagi kota-kota besar yang memiliki banyak gedung pencakar langit. Di Indonesia, gedung bertingkat tinggi ini banyak tersebar luas, terkhusus di kota metropolitan. Bangunan tinggi yang berdiri kokoh selaras menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian kalangan.

Dengan berkembangnya akal dan kreativitas, manusia terus berinovasi merancang desain arsitektur bangunan tinggi yang unik serta menarik. Bahkan, diantaranya mampu menjelma menjadi salah satu gedung tertinggi se-Asia. Hasil kolaborasi anak bangsa dengan arsitek mancanegara patut diacungi jempol.

Gedung tinggi mana sajakah yang memiliki arsitektur unik di Indonesia? Berikut ulasan yang akan kami sajikan buat kamu. Simak selengkapnya ya! 

1. Menara pinisi

Menara pinisi UNM (instagram.com/my.arch9)
Menara pinisi UNM (instagram.com/my.arch9)

Bangun tinggi ini merupakan bagian dari Universitas Negeri Makassar yang ikonik. Terinspirasi dari perahu pinisi, bangunan ini seakan menjadi simbol khas masyarakat Bugis. Gedung yang juga dikenal dengan nama tellu cappa ini, dirancang oleh Yu Sing dengan tinggi yang mencapai 17 lantai. Konsep desain kampus ini mengutamakan sesuatu yang identik dengan kearifan lokal dengan paduan teknologi modern masa kini. 

Kampus UNM meruapakan salah satu gedung tertinggi pertama di Indonesia yang menggunakan sistem fasade Hiperbolic Paraboloid pada bangunannya. Ketika malam hari lampu-lampu yang ada pada menara lantai 17 gedung ini akan menyala kerlap-kerlip indah dengan 12 warna yang berbeda, mewakili jumlah fakultas yang ada di kampus UNM.

2. Binus Alam Sutera

Binus alam sutera (instagram.com/novian_altelucav)
Binus alam sutera (instagram.com/novian_altelucav)

Bangun tinggi selanjutnya yakni Gedung Kampus Bina Nusantara yang memiliki tinggi 22 lantai. Gedung ini mengusung konsep dan bentuk yang tidak kalah unik dengan bangunan lain yang ada di Indonesia. Zonasi yang teratur, ramah dengan lingkungan, dan hemat terhadap energi merupakan konsep yang menjadi gagasan Budiman Hendropurnomo, sang arsitek bangunan megah ini.  

Gagasannya ditampilkan lewat desain kotak-kotak pada gedung dengan banyaknya jendela besar agar pencahayaan dapat dimaksimalkan secara alami. Bangunan ini juga dilengkapi dengan sistem penampungan air hujan yang dapat dimanfaatkan untuk pengairan lanskap, toilet, dan mengatasi krisis air tanah.

3. New Media Tower

New media tower UNM (instagram.com/ondulineid)
New Media Tower UMN (instagram.com/ondulineid)

New Media Tower merupakan bangunan dari Universitas Multimedia Nusantara. Gedung ini juga sempat menjadi pemenang pertama kategori gedung baru hemat energi pada ajang Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN). Dengan bentuk yang unik menyerupai cangkang telur, serta penonjolan pada warna abu-abu dari perforated metal selubungnya menjadi daya tarik tersendiri. Dengan konsep arsitektur ramah lingkungan dan teknologi tinggi yang diadopsi gedung ini, ternyata mampu melakukan penghematan energi hingga 53,25 kWH per tahun per meter persegi. 

4. Bakrie Tower

Bakrie tower (instagram.com/hasymi_hamid)
Bakrie tower (instagram.com/hasymi_hamid)

Bakrie Tower menjadi gedung perkantoran grade A+ yang mengusung arsitektur twist style unik, asimetris, dan artistik. Dengan mengadopsi kaca berwarna biru gelap menyerupai sisik menjadikan gedung ini terlihat sangat eksotis, apalagi tampak dari depan yang lebar, namun sisi samping terlihat ramping.

Gedung ini telah terintegrasi dengan kompleks Rasuna Epicentrum sehingga seluruh basement saling berhubungan, jadi ketika terjadi kemacetan di satu kawasan, masih bisa menggunakan jalan lain sebagai alternatif. Dengan menggunakan Inovasi ini juga dapat menghemat ruang untuk kendaraan yang ada di lantai dasar.

5. Regatta Towers

Regatta towers (instagram.com/arif masroni)
Regatta Towers (instagram.com/arif masroni)

Gedung ini merupakan hasil karya Tom Wright dengan mengusung konsep yang sederhana bertemakan bahari tetapi dinamis, sehingga Regatta Towers dapat disebut sebagai ikon di tepi Teluk Jakarta. Keunikan bangunan yang merupakan hasil kerjasama PT Intiland Development Tbk dan PT Global Ekabuana ini juga sempat mendapatkan penghargaan Prix d’Excellence, yang diberikan oleh Federasi Real Estate Internasional, FIABCI pada tahun 2010.

6. Menara karya

Menara karya (instagram.com/mariowibowo_)
Menara karya (instagram.com/mariowibowo_)

Gedung Menara Karya memiliki tinggi 26 lantai dan memiliki tambahan 4 lantai basement. Gedung ini di desain dengan sangat unik nan elegan sebagai perkantoran dan pada bagian bawah tampak lebih kecil dibandingkan atasnya. Pada satu lantai di bagian atas dibuat seperti keluar menjadikan gedung ini terlihat sangat unik. Terdapat bagian yang sengaja dibuat menyembul pada lantai 23 dan 24 seperti ‘uno stacko’ yang sedang ditarik keluar.

Itu dia 6 bangunan tinggi yang memiliki arsitektur unik di Indonesia. Gedung mana aja ni yang pernah kamu lewatin atau singgahin? Tulis di kolom komentar ya! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak