zahra qurrota
zahra qurrota
Heesung ENHYPEN (instagram/ENHYPEN)

Siapa yang tidak kenal ENHYPEN, boy group asal BE:LIFT LAB yang menggemparkan dunia K-pop dengan penampilan debutnya pada tahun 2020 lalu. Diketahui bahwa ENHYPEN terbentuk dari suatu program survival I-LAND yang dibuat oleh BE:LIFT lab, label bersama yang dinaungi oleh HYBE dan CJ E&M Entertainment.

Tidak sedikit penikmat musik K-pop yang langsung menaruh perhatian dan dukungannya pada ENHYPEN. Pasalnya, member ENHYPEN memiliki visual yang begitu memesona dan talenta menarikk.

Baru-baru ini, diketahui bahwa kondisi kesehatan salah satu member ENHYPEN yaitu Heeseung sempat membuat fans khawatir. Sebab, member kelahiran 15 Oktober ini dikabarkan mengalami kesakitan pada salah satu jari kakinya yang telah didiagnosis dokter sebagai kista epidermoid. Hal tersebut tentu membuat banyak penggemar menjadi bertanya-tanya, apa sebenarnya kista epidermoid? Apakah penyakit ini membahayakan?

Menyadur healthline, kista epidermoid merupakan benjolan di bawah kulit yang bersifat jinak. Dalam artian, benjolan ini bukanlah merupakan kanker atau penyakit yang ganas. Kista epidermoid dapat muncul akibat banyak hal, antara lain trauma atau cedera dan riwayat pembedahan, yang mana kedua hal tersebut dapat membuat sel-sel kulit mati terjebak di dalam kulit. Semakin lama, hal itu akan menyebabkan timbulnya benjolan berisi keratin.

Pada umumnya, kasus kista epidermoid tidak banyak menimbulkan perburukan. Bahkan pada beberapa kasus tertentu, kista dapat hilang dengan sendirinya tanpa dilakukan pengobatan atau tindakan dari dokter.

Namun, ada beberapa keadaan tertentu di mana pengidapnya perlu datang dan berkonsultasi dengan dokter. Tepatnya, ketika benjolan yang dialami dirasa sudah mengganggu penampilan, menimbulkan rasa sakit, ataupun membesar dan pecah.

Terlebih pada kasus yang dialami oleh Heeseung ENHYPEN, kista diketahui timbul di bagian jari kaki. Hal itu membuat rasa sakit pasti timbul akibat gesekan antar jari kaki dan akan sangat mengganggu aktivitas. Oleh sebab itu, ia perlu menemui dokter untuk dilakukan tindakan dan pengobatan lebih lanjut.

Lalu tindakan seperti apa yang akan dilakukan oleh dokter? Menyadur dari healthline dan Mayo Clinic, pada kasus kista yang dianggap mengganggu penampilan dan menimbulkan rasa tidak nyaman bahkan sakit, dokter akan melakukan tindakan operasi yang bertujuan untuk mengangkatnya secara keseluruhan. Tindakan operasi ini diketahui merupakan cara paling efektif untuk mengobati kista epidermoid dan juga gejala yang dialami oleh pengidapnya.

Sama halnya dengan Heeseung ENHYPEN yang dikabarkan telah melakukan tindakan operasi untuk mengangkat kista epidermoidnya. Menyadur dari pernyataan resmi agensi ENHYPEN yaitu BE:LIFT LAB, Heeseung ENHYPEN sudah mendapatkan operasi November lalu.

Heeseung kini tampaknya sudah membaik. Sebab, dia ikut berbagai konser, seperti MAMA 2021, hingga penampilan terakhir kolaborasi ENHYPEN dan TXT.

Komentar