Xandra Junia In
Xandra Junia In
Daun Perilla. (dreamstime)

Masyarakat Indonesia terbiasa makan sesuatu, khususnya ayam goreng, menggunakan berbagai sayuran yang disebut lalapan. Cara menyantapnya bisa atau tidak menggunakan sambal. Gunanya agar lemak dari menu utama bisa dinetralisir.

Nah, di Korea juga biasa menggunakan aneka sayuran untuk menu pelengkap, loh. Penasaran? Berikut 5 lalapan yang biasa disantap disana.

1. Kol

Kol (freepik)

Sama halnya Indonesia, masyarakat negeri ginseng juga terbiasa mengonsumsi kol sebagai menu pendamping. Biasanya saat menyantap daging bakar. Gunanya agar menetralisir lemak yang masuk ke dalam mulut.

Kol yang dipakai bisa direbus terlebih dahulu atau tidak. Daging dimasukkan ke dalamnya bersamaan dengan saus gochujang. 

2. Selada

Selada (freepik)

Penggunaan daun selada juga sama seperti kol. Namun, tidak hanya itu. Masyarakat Korea biasa menyantapnya dengan makanan lain. Misalnya, lauk pauk rumahan, seperti bulgogi dan gyeran mari. Keduanya dimasukkan bersama nasi hangat. Tidak lupa juga untuk memberikan sedikit saus gochujang untuk pelengkap.

3. Cabai Hijau

Cabai Hijau Korea Cheongyang (wikipedia)

Di Indonesia, cabai tidak digunakan sebagai lalapan. Namun, biasa dijadikan saat menyantap aneka gorengan. Berbeda dengan Korea, yang mencolek cabai hijau besar pada saus gochujang. Jenisnya sendiri bisa yang tidak pedas atau cheongyang (sangat pedas).

Bahkan cabai disana juga dijadikan bahan utama gorengan, loh. Ia dinamakan gochu twigim. Kamu dapat menikmatinya bersama tteokbokki atau kue beras pedas.

4. Perilla

Daun Perilla (dreamstime)

Daun perilla juga biasa dijadikan menu pendamping saat menyantap daging bakar. Tidak hanya itu, daun tersebut juga menemani berbagai lauk pauk saat dimakan bersama nasi. Namun, mungkin tidak semua dari kamu akan suka dengan yang satu ini. 

Perilla memiliki rasa pahit dan sedikit pedas seperti daun mint. Hal ini dikarenakan daun ini biasa digunakan untuk ramuan obat. 

5. Bawang

Bawang Merah (freepik)

Orang Korea juga biasa menyantap daging dengan bawang merah dan bombai yang besar. Kamu dapat melihatnya di berbagai video Youtube. Saus gochujang juga mereka oles pada daging yang sudah ditaruh di atas bawang.

Kebanyakan penikmat lalapan ini adalah orang tua. Gunanya agar tubuh dapat selalu fit. Bawang juga bisa meningkatkan sistem imun, loh. Tidak heran jika lanjut usia disana masih terlihat kuat dan awet muda.

Itulah kelima lalapan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat Korea. Apakah mau mencoba yang belum pernah dikonsumsi olehmu? Lalu, lalapan mana yang menjadi favoritmu?