Latifah
Latifah
Ilustrasi Pekerja Frustasi. (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ada banyak sisi positif dari menjadi seorang wiraswasta atau memilih berbisnis. Selain peluang untuk menjadi kaya lebih besar, bisa membuka lapangan pekerjaan, sehingga bermanfaat bagi banyak orang.

Sayangnya, berbisnis ini nggak mudah. Kalau tak dilakukan dengan matang, bisa rugi besar. Karena itu, hindari beberapa kesalahan berbisnis berikut ini agar usahamu menghasilkan cuan besar!

1. Cuma mengandalkan asumsi

Kesalahan pertama yang sering dilakukan para pebisnis pemula, yaitu hanya mengandalkan asumsi tanpa riset terlebih dahulu. Bisnis apa yang kiranya bakal banyak peminat, gimana persaingannya, lokasi yang kira-kira bakal ramai, dan sebagainya. Cuma mengandalkan ‘katanya’, akan sulit bisnis bisa berkembang.

2. Tidak membuat SOP

Standard operating procedure (SOP) ini penting sekali supaya tata kelola bisnismu itu baik dan terorganisir. Tanpa SOP, bisnis dijalankan dengan asal. nggak ada panduan atau sistem untuk menjamin bisnis itu bisa berjalan dengan baik, dan tak bergantung dengan satu orang saja.

3. Cuma membayangkan yang enak-enak saja

Bisnis itu berat. Makanya, nggak semua orang bisa sukses terjun ke dunia usaha. Dan yang sudah berkecimpung pun, nggak semuanya berhasil.

Ada banyak yang mesti dipelajari, dianalisis, dan pastinya semua itu harus berkorban uang, tenaga, serta waktu. Jadi, kalau mentalnya dari awal cuma lihat yang enak-enaknya saja, ketika menemui kerikil di tengah jalan, langsung keok.

4. Manajemen keuangan buruk

Yang sering bikin para pebisnis pemula itu bangkrut, karena antara uang perusahaan dan pribadi nggak dipisah. Dicampur-campur begitu, akhirnya uang modal lama-lama habis untuk kepentingan pribadi.

5. Malas-malasan

Dikira kalau jadi pengusaha bisa enak. Waktu jadi fleksibel, nggak harus ke kantor tiap hari. Soalnya, kan sudah jadi bos.

Kenyataannya, untuk mendapatkan kenyamanan seperti itu, perlu perjuangan berdarah-darah. Kalau mau santai dan malas-malasan, ya mending nggak usah buka usaha.

Nah, ternyata membangun bisnis nggak segampang membalikkan telapak tangan, ya. Karena itu, hindari kesalahan-kesalahan di atas, jika ingin bisnismu sukses besar!