Riva Khodijah
Riva Khodijah
ilustrasi perempuan belanja (pexels/Andrea Piacquadio).

Setiap orang pasti punya kebiasaan masing-masing. Ada kebiasaan buruk, ada pula kebiasaan baik. Nah, yang akan dibahas di sini adalah beberapa contoh kebiasaan buruk yang mesti kamu hindari.

Kendati kebiasaan buruk berikut ini bisa memberimu kesenangan, tetapi itu cuma di awal saja. Selanjutnya, bikin hidupmu makin mumet. Penasaran? Yuk, kita simak!

1. Kebiasaan pamer

Setiap orang punya cara berbeda dalam melakukan self-reward. Ada yang pergi jalan-jalan ke luar negeri, ada yang makan di restoran-restoran berkelas, ada yang membeli barang mewah, dan sebagainya.

Sah-sah saja kalau kamu melakukan itu sebagai hadiah bagi diri sendiri karena sudah berjuang keras. Tapi, sebaiknya hindari kebiasaan pamer. Segala hal mesti diunggah di media sosial. Bahkan sampai ke nota belanjanya segala.

Di awal-awal, mungkin orang akan respek karena kamu berhasil mencapai yang kamu inginkan setelah menghadapi lelahnya berjuang. Akan tetapi, jika sudah terlalu sering pamer, orang akan kehilangan respek. Kamu jadi malah dibilang norak!

2. Kebiasaan berhutang

Gak semua orang bisa memiliki kemapanan finansial. Terkadang, karena kebutuhan mendesak, kamu mau tak mau harus berhutang.

Boleh-boleh saja, selama hal tersebut bukan untuk keperluan konsumtif atau hanya memenuhi keinginan impulsif untuk belanja. Karena meski kamu bahagia sudah bisa membeli barang yang kamu inginkan, besok-besoknya kepala pening akibat harus bayar cicilan. Apalagi, jika penghasilanmu sebenarnya gak mampu untuk membayar hutang tersebut.

3. Kebiasaan selalu minta tolong

Saling tolong-menolong memang diharuskan dalam hubungan sosial. Namun, jangan jadikan ini kebiasaan. Kamu jadi manja dan gak mandiri.

Memang enak, dengan minta tolong ke orang lain, tugas atau permasalahanmu bisa cepat selesai, tanpa pusing-pusing segala. Tapi, kalau dibiasakan, orang akan benci padamu karena namanya sudah memanfaatkan kebaikan orang lain. Bukan tak mungkin ketika kamu nanti benar-benar butuh pertolongan, gak ada yang mau membantumu. Kapok!

Nah, itu dia beberapa kebiasaan buruk yang mesti kamu hindari, bila ingin hidup tenang dan disenangi banyak orang. Menurutmu, kebiasaan apa lagi yang memberi kesenangan di awal, tapi selanjutnya bikin kamu susah?

Komentar