Xandra Junia Indriasti
Xandra Junia Indriasti
Logo Blackberry Messenger (freepik)

Sebelum aplikasi Whatsapp messenger ada dan populer, banyak orang menggunakan BBM (Blackberry Messenger) sebagai wadah untuk berkomunikasi atau bertukar pesan. Namun, beberapa hari lalu, pihak pendiri BBM mengatakan bahwa aplikasi ini sudah tidak bisa dipakai atau dioperasikan lagi.

Untuk bernostalgia dan mengenang masa-masa indahnya, kamu bisa membaca 5 hal berikut yang disebut menjadi ciri khas penggunaan BBM.

1. Saling Berbagi Pin Unik

BBM identik dengan pin unik yang terdiri dari kumpulan angka dan huruf. Pengguna tidak bisa memilihnya sendiri karena sudah otomatis diberikan oleh sistem aplikasi tersebut usai melakukan proses pendaftaran.

Kala itu, banyak orang saling berbagi pin unik untuk memperluas relasi. Mereka belum terlalu menganggap informasi seperti ini sebagai privasi. Oleh karenanya, ketika disebarluaskan justru merasa lebih senang karena dapat memperoleh teman baru.

2. Mengetahui Aktivitas Multimedia Teman

BBM memiliki fitur berbagi aktivitas media yang meliputi musik atau video. Jadi, saat mengaktifkannya, informasi tentang kamu yang tengah mendengarkan lagu atau menonton sesuatu dapat diketahui teman kontak.

Fitur ini cukup membahayakan bagi kamu yang teledor dimana akan membuatmu menjadi bahan gosip hingga ditertawakan. Misal, sedang menonton video dewasa atau konten yang berjudul aneh lainnya.

3. Rutin Menerima dan Membagikan Pesan Siaran

Melalui aplikasi BBM, banyak pengguna yang rutin membagikan serta menerima pesan siaran (broadcast). Biasanya berisi promosi produk jualan atau pin dari temannya guna memperluas jaringan relasi.

Uniknya, dalam mempromosikan pin seringkali dilengkapi dengan deskripsi lucu yang membuat seseorang ingin menambahkannya sebagai teman. Beberapa contoh diantaranya bisa kamu lihat pada kalimat berikut.

"Add nih temen gue, cantik, lucu, ramah, nggak bakal ngebosenin, fast respon! Pin 23DE20C."

"Buat lo yang lagi jomblo, invite aja nih cewek cantik, manis, lagi cari pacar. Ga invite 322CF27 bakal nyesel!"

4. Pelopor "P" dalam Sebuah Obrolan

"P" merupakan salah satu cara mengawali obrolan yang seringkali dianggap kurang sopan. Istilah ini ternyata dipelopori oleh BBM yang kala itu menyajikan fitur pesan otomatis, "PING!". Ada yang ingat?

Namun, versi ini disebut jauh lebih baik karena menjadi ciri khas BBM. "PING!" identik dengan huruf kapital berwarna merah terang yang bertujuan agar penerima bisa memprioritaskan pesan yang dibagikan tersebut.

5. Dijadikan Tanda Kelancaran Data Internet

Aplikasi ini memberi informasi "BBM Terhubung" di layar pemberitahuan ponsel. Hal tersebut menandakan bahwa kondisinya dalam keadaan aman dan siap pakai. Namun, banyak pengguna yang juga menganggapnya menunjukkan manfaat lain.

Mereka berkata bahwa pemberitahuan tersebut menandakan data internet berjalan dengan lancar. Untuk itu, tidak perlu mengetesnya dengan mencari sesuatu di website dan menulis status atau mengirim pesan kepada orang lain.

Itulah kelima hal yang menjadi ciri khas penggunaan BBM (Blackberry Messenger) beberapa tahun lalu. Adakah momen yang paling sulit kamu lupakan saat memakai aplikasi pesan instan tersebut?

Komentar