Calvin Vadero
Calvin Vadero
lingkungan pertemanan (Foto : Unsplash.com/calvin)

Mengejutkan betapa sedikitnya teman sejati yang kita miliki dalam hidup kita. Semakin dewasa kita semakin sulit mencari teman baru.

Setiap hari kita bertemu orang baru, berganti pekerjaan dan bertemu rekan kerja baru dan membuat kenalan baru. Tetapi apakah sebagian besar kenalan ini berubah menjadi persahabatan? Hampir tidak.

Sekarang pertanyaannya adalah: Apa yang harus kita lakukan untuk mendapatkan teman baru yang nantinya akan menjadi orang yang benar-benar dekat yang benar-benar kita sayangi?

Berikut beberapa petunjuk yang dapat kamu lakukan untuk memudahkan kamu mendapatkan teman baru :

1. Kekurangan waktu

Kamu terus-menerus terburu-buru. Kamu terus mencari alasan dan mengatakan bahwa kamu tidak punya waktu. Disadur dari parade.com, faktanya  saat ini orang-orang sangat sibuk: pekerjaan, keluarga, anak-anak, dll. Kecepatan hidup begitu gila sehingga pada akhirnya yang ingin kita lakukan hanyalah menghabiskan waktu luang kita secara pasif menonton TV atau tidur daripada pergi mengunjungi teman-teman.

Bagaimana kita memecahkan masalah? Jawabannya adalah: santai saja jika kamu merasa hanya ini yang kamu butuhkan. Mungkin inilah saat dimana yang kamu butuhkan hanyalah keheningan. Tidak ada salahnya menikmati kesendirian.

2. Lingkaran kehidupan

Hidup terus berjalan dan terus berjalan. Setiap hari sesuatu yang baru terjadi pada kita yang membuat hidup kita berbeda. Lingkungan juga berubah dan kami menemukan diri kami di negara lain, atau melakukan jenis pekerjaan yang berbeda, belajar, menikah dan sebagainya. Wajar jika orang meninggalkan kamu dan sebaliknya, menjadi lebih dekat dengan kamu.

Disadur dari wmnlife.com, dalam situasi baru ini kita merasa tidak nyaman dan bahkan kesepian. Tapi, seiring berjalannya waktu, kita segera bertemu dengan seseorang yang kita sebut “teman baru”. Kamu bukan satu-satunya yang mengalami hal ini. Jangan marah karena kamu tidak dapat melihat teman lama kamu. Ini akan segera berlalu dan kamu akan merasa jauh lebih baik.

3. Hubungan maya

Waktu telah berubah. Sekarang dibutuhkan satu klik untuk melihat teman kamu tinggal di luar negeri. Kita menggunakan banyak utusan, kamera video, dan mikrofon untuk berkomunikasi dengan orang-orang. Hubungan virtual telah menggantikan hal-hal nyata. Kita bermain game virtual, menandai satu sama lain, mengundang kontak kita untuk bergabung dengan komunitas ini atau itu, berbagi tautan, dan berpartisipasi dalam berbagai forum online.

Tapi apakah kegiatan ini cukup untuk menjaga persahabatan kita? Mari kita sebut jenis komunikasi ini dangkal, karena hubungan adalah proses kompleks yang membutuhkan waktu dan keintiman, interaksi pribadi dan kehangatan yang hanya dapat diberikan oleh komunikasi "tatap muka". Jadi alasan pertama mengapa kita memiliki lebih sedikit teman adalah karena kita telah menggantinya dengan virtual.

Untungnya, itu semua tergantung pada kita dan kita dapat mengubah situasi. Mengunjungi teman itu menyenangkan. Lakukan dari waktu ke waktu, undang mereka ke tempat kamu. Tidak perlu sering-sering bertemu, tetapi jangan membatasi diri kamu pada Messenger dan SMS. Setelah kamu bertemu orang baru, cobalah melakukan semua yang mungkin untuk membuat mereka merasa istimewa. Jadilah orang pertama yang menunjukkan bahwa kamu tertarik dengan kepribadian mereka.

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan untuk bisa mendapatkan teman yang banyak.

Komentar